Comscore Tracker

Seleksi CPNS 2019 Masuki Proses Verifikasi Data Pendaftar

Kanal pengaduan juga dibuka via Whatsapp dan Telegram

Semarang, IDN Times - Tiga hari pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Pemprov Jateng sejak (11/11), sudah ada 322 pelamar yang telah memasukkan berkas ke panitia.

Pendaftaran sendiri bakal dibuka hingga (24/11) mendatang.

Baca Juga: Catat! Ini Hukumnya Membawa Jimat saat Ikut Tes CPNS 2019

1. Pendaftar sementara untuk formasi umum dan cum laude

Seleksi CPNS 2019 Masuki Proses Verifikasi Data PendaftarIDN Times/Dhana Kencana

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, para pelamar tersebut mendaftar untuk formasi umum dan formasi cum laude.

"Sampai hari ini (red: Rabu, (13/11)) baru 322 pendaftar yang masuk. Terdiri dari 318 pendaftar untuk formasi umum dan 4 dari formasi cum laude. Itu data pagi pukul 08.00 WIB, mungkin saat ini sudah ada perkembangan," kata Kepala BKD Jateng, Wisnu Zaroh.

2. Diharapkan bisa mendaftar di awal waktu

Seleksi CPNS 2019 Masuki Proses Verifikasi Data PendaftarIDN Times/Arief Rahmat

Wisnu menyatakan lonjakan pendaftar CPNS bakal terjadi para pertengahan hingga akhir penutupan jadwal pendaftaran. Kondisi tersebut membuat server terbebani dan berpotensi mengalami kegagalan saat proses pengunggahan atau upload berkas.

"Kami ingatkan kepada masyarakat untuk sesegera mungkin mendaftarkan. Jangan tunggu sampai akhir, karena berhubungan dengan server," tegasnya.

3. Banyak yang mengeluhkan soal persyaratan

Seleksi CPNS 2019 Masuki Proses Verifikasi Data PendaftarIDN Times/Sukma Shakti

Disinggung terkait berbagai masalah yang terjadi dalam rekrutmen CPNS 2019, imbuh Wisnu, keluhan banyak terjadi terkait persyaratan. Padahal menurutnya semua persyaratan sudah disampaikan jauh-jauh hari. Namun masih banyak masyarakat yang mempertanyakan.

"Mayoritas soal persyaratan. Misalnya tanya umur, apakah bisa usia 35 tahun lebih satu bulan ikut mendaftar. Jelas tidak boleh, karena persyaratan usia maksimal 35 tahun," ucap Wisnu.

4. Peserta diberikan waktu sanggah

Seleksi CPNS 2019 Masuki Proses Verifikasi Data PendaftarIlustrasi PNS/Korpri.ID

Sementara itu, ihwal proses verifikasi data pelamar akan dimulai pada (14/11). Pada proses tersebut, bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) pada seleksi administrasi, akan diberikan waktu sanggah, maksimal tiga hari pasca pengumuman.

"Untuk menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi, instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut. Pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan," terangnya.

5. BKD membuka kanal pengaduan lewat Whatsapp dan Telegram

Seleksi CPNS 2019 Masuki Proses Verifikasi Data Pendaftargoogle

Wisnu juga tak henti-hentinya mengingatkan kepada calon pelamar guna mewaspadai aksi penipuan atau calo CPNS. Sebab dipastikan, semua proses rekrutmen CPNS dilakukan secara transparan, akuntabel dan bebas biaya, serta tidak ada yang melalui jalur dalam. Dirinya menegaskan bahwa tidak ada satupun yang bisa lolos tanpa mengikuti seleksi.

Bagi pelamar yang menemui permasalahan atau kurang memahami penjelasan terkait dengan proses seleksi maupun pendaftaran CPNS 2019, BKD membuka kanal pengaduan melalui aplikasi Whatsapp di nomor 081327715785, aplikasi telegram grup https://t.me/JTG19, dan call center 081327715786.

Baca Juga: Daftar CPNS, Ini Cara Menghindari Situs Down Atau Lemot

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Just For You