Tenaga Medis di Tegal Tangani Pasien Virus Corona Pakai Jas Hujan

APD modifikasi tak sesuai standar WHO

Tegal, IDN Times - Ketersediaan alat pelindung diri (APD) di setiap rumah sakit tak sama. Bahkan stok juga sudah mulai menipis ditengah merebaknya waha virus corona (COVID-19) saat ini.

1. Modifikasi jas hujan dan kain kasa

Tenaga Medis di Tegal Tangani Pasien Virus Corona Pakai Jas HujanANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Melansir tayangan Liputan6 SCTV, Jumat (20/3) pagi, tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soeselo, Kabupaten Tegal terpaksa harus memodifikasi jas hujan plastik dan kain kasa untuk digunakan sebagai APD.

Baca Juga: Warga Tegal Deklarasi Kampanye Bersama Lawan Corona

2. Stok APD menipis

Tenaga Medis di Tegal Tangani Pasien Virus Corona Pakai Jas HujanIlustrasi tenaga medis mengenakan APD untuk menangani pasien virus corona. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Hal itu dilakukan lantaran pihak rumah sakit tak mempunyai stok APD yang cukup. Kondisi diperparah dengan langkanya APD di pasaran.

3. APD tak sesuai standar WHO

Tenaga Medis di Tegal Tangani Pasien Virus Corona Pakai Jas HujanIlustrasi petugas medis menangani pasien virus corona menggunakan APD. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Meski tak sesuai dengan standar WHO, APD modifikasi itu menjadi pakaian alternatif para tenaga medis untuk menanangani orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP) virus corona (COVID-19) di wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Termasuk melindungi mereka dari penularan virus tersebut.

Baca Juga: Cegah Corona, Sosialisasi Cuci Tangan di Tegal Pakai Goyang TikTok

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya