Comscore Tracker

1.300 Nakes RS Mardi Rahayu Kudus Sudah Suntik Booster Kedua COVID-19

Stok vaksin booster kedua kiriman dari BIN

Kudus, IDN Times - Ribuan tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Mardi Rahayu Kabupaten Kudus sudah divaksinasi booster COVID-19 untuk tahap kedua. Penyuntikan vaksin booster dikerjakan selama empat hari berturut-turut itu untuk meningkatkan keselamatan bagi mereka.

1. Stok vaksin booster kedua datang awal Agustus 2022

1.300 Nakes RS Mardi Rahayu Kudus Sudah Suntik Booster Kedua COVID-19Para nakes dan staf RS Mardi Rahayu Kudus saat mengantre penyuntikan vaksin booster kedua. (IDN Times/bt)

Direktur Utama RSUD Mardi Rahayu Kudus, Pujianto mengatakan, penyuntikan vaksin booster bagi nakes untuk menggerakkan minat masyarakat Kudus supaya tertarik mengikuti tahapan vaksinasi tersebut. 

"Nakes yang divaksinasi sebanyak 1.300 orang. Hari Senin (1/8/2022) kita dapat dropping vaksin, lalu hari Selasa (2/8/2022) kita mulai suntik vaksinasinya. Dan targetnya kita selesaikan hari ini," kata Pujianto saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (5/8/2022). 

2. BIN distribusikan stok vaksin booster ke Kudus

1.300 Nakes RS Mardi Rahayu Kudus Sudah Suntik Booster Kedua COVID-19Lambang Badan Intelijen Negara. (twitter.com/binofficial_ri)

Untuk pendistribusian vaksin booster kedua bagi nakes, katanya, diambil dari persediaan stok milik Badan Intelejen Negara (BIN). Sedangkan tahapan penyaluran vaksinnya dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kudus.

"Kalau untuk stok vaksinnya dikirimi sama BIN. Tapi untuk penyaluran ke Mardi Rahayu dikerjakan tim dinkes," akunya. 

3. Per hari ada 200 nakes ikut booster kedua

1.300 Nakes RS Mardi Rahayu Kudus Sudah Suntik Booster Kedua COVID-19Penyuntikan vaksin booster kedua diikuti ribuan nakes di RS Mardi Rahayu Kudus. (IDN Times/bt)

Proses penyuntikan vaksin booster untuk nakes RS Mardi Rahayu telah disesuaikan dengan jadwal yang disusun pihaknya. Setiap nakes yang sudah menjalani vaksin dosis pertama dan kedua diizinkan mengikuti vaksin booster

Kemudian, pihaknya mengalokasikan setiap satu vial vaksin booster untuk masing-masing 28 orang. Soal jenis vaksinnya, kata Pujianto menggunakan moderna.

"Kita sudah buat jadwalnya. Karena perkiraan kita ada 40 persen nakes yang meriang sehabis divaksinasi, jadinya kita bikin jadwalkan vaksinasinya per hari untuk 200 nakes. Jadi perhitungan kita satu vial bisa disuntikkan buat 28 orang. Kita pakainya vaksin Moderna sebab mayoritas nakes di sini pakainya juga Moderna," terangnya. 

4. Pemberian booster kedua diklaim untuk jaga keselamatan

1.300 Nakes RS Mardi Rahayu Kudus Sudah Suntik Booster Kedua COVID-19Seorang perawat RS Mardi Rahayu Kudus ketika disuntik booster kedua. (IDN Times/bt)

Ia menegaskan rumah sakitnya menjadi fasilitas kesehatan (faskes) pertama di Kudus yang menjalani vaksinasi booster kedua bagi nakes. Pujianto berharap dengan penyuntikan vaksin booster kedua bisa mengedukasi warga Kudus supaya tertarik mengikuti vaksinasi booster

"Ini tujuannya untuk melindungi tenaga medis di rumah sakit kita. Tentunya juga buat menjaga keselamatan para staf yang bekerja," terangnya. 

5. RS Mardi Rahayu beri contoh bagi warga Kudus

1.300 Nakes RS Mardi Rahayu Kudus Sudah Suntik Booster Kedua COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Selain itu, pemberian vaksin booster kedua bagi nakes guna mendorong partisipasi masyarakat mengingat angka capaian vaksin booster di Kudus baru kisaran 20 persen. 

Ia mengaku, dengan adanya penyuntikan vaksin booster paling tidak bisa menunjukkan kepada masyarakat agar tidak takut menjalani vaksinasi. 

"Ya biar masyarakat lebih aware dan tidak takut makanya kita coba memberi contoh. Sehingga langkah ini jadi akselerasi karena capaian booster di Kudus baru 20 persen. Padahal Kudus bulan Mei tahun kemarin sempat jadi pusat ledakan penularan Delta," ungkapnya.

Baca Juga: Mulai Didata, Nakes di Semarang Tak Sabar Divaksinasi Booster Kedua

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya