Comscore Tracker

5 Marinir Diterjunkan Melacak Dua Nelayan yang Hilang di Pekalongan

Diduga korban disapu ombak tinggi

Pekalongan, IDN Times - Tim Basarnas gabungan dikerahkan ke Pantai Wonokerto, Kabupaten Pekalongan untuk melacak keberadaan dua nelayan kapal Bangkit Rezeki yang hilang diterjang ombak di perairan tersebut.

1. Tujuh kapal nelayan dan marinir ikut mencari korban

5 Marinir Diterjunkan Melacak Dua Nelayan yang Hilang di PekalonganTentara balatyon infrantri marinir 8 di Pulau Sembilan (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Humas Basarnas Jawa Tengah, Nur Mustova mengaku saat ini pihaknya mendapat bala bantuan dari lima personel marinir di Pos Lanal Pekalongan, aparat kepolisian dan belasan nelayan Wonokerto untuk mencari keberadaan tubuh kedua nelayan bernama Imron berusia 45 tahun dan Casyanto berusia 40 tahun.

"Ada beberapa nelayan memakai tujuh kapal yang ikut diterjunkan ke perairan Wonokerto. Kita juga dibantu lima personel Lanal dan polisi. Penyisiran dilakukan secara manual dengan melakukan pengamatan di permukaan laut tepatnya di lokasi hilangnya dua nelayan Kapal Bangkit Rezeki," kata Mustova kepada IDN Times, Rabu (23/4).

Baca Juga: Ditolak Nelayan Natuna, Nelayan Pantura Tetap Akan Diberangkatkan

2. Dua nelayan raib di Perairan Wonokerto sejak Senin kemarin

5 Marinir Diterjunkan Melacak Dua Nelayan yang Hilang di PekalonganTim SAR gabungan saat bersiap menyisir Perairan Wonokerto Pekalongan. Dok Humas Basarnas Jateng

Ia mengaku kedua nelayan itu dilaporkan hilang oleh warga setempat saat mencari ikan di laut lepas. Kedua warga Desa Tratebang, Wonokerto Kabupaten Pekalongan itu diketahui melaut pada Senin (20/4) pukul 07.00 WIB pagi.

Saat itu, keluarga korban mulai panik karena hingga selepas sore hari kedua nelayan itu tak kunjung kembali ke rumah.

Esok harinya atau Selasa (21/4), katanya ada nelayan yang menemukan peralatan jaring milik keduanya dan papan tulisan yang diduga milik kapal Bangkit Rezeki. "Barang-barang itu kita temukan 2 NM sisi Utara Wonokerto," imbuhnya.

3. Operasi pencarian terhalang ombak tinggi di lokasi kejadian

5 Marinir Diterjunkan Melacak Dua Nelayan yang Hilang di Pekalonganmedium.com

Di hari ini, para personelnya masih terus berupaya mencari kedua nelayan tersebut. Ia memperkirakan kedua nelayan jatuh ke laut lantaran diterjang ombak ketika menjala ikan.

Ia bilang kondisi ombak perairan Wonokerto yang tinggi saat ini cukup menyulitkan personelnya untuk melacak keberadaan mereka.

"Proses pencarian saat ini masih belum membuahkan hasil. Ombaknya cukup tinggi sekarang, Mas. Sekitar dua meter. Ini kalau ombaknya sudah landai, baru kita sisir ke lokasi lagi," jelasnya.

Baca Juga: Kesulitan APD, Damkar Pekalongan Pakai Jas Hujan Semprot Disinfektan 

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya