Comscore Tracker

Citilink Bakal Buka Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah, Biaya Rp20 Juta

Biaya umroh lebih irit

Semarang, IDN Times - Maskapai penerbangan Citilink tak lama lagi bakal membuka jalur penerbangan langsung untuk ibadah umrah rute Semarang-Jeddah  maupun sebaliknya. Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Tengah-Yogyakarta, Endro Dwi Cahyono, Selasa (18/6).

 

1. Calon jemaah nantinya dikenai tarif Rp 20 juta

Citilink Bakal Buka Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah, Biaya Rp20 JutaKemenag.go.id

Baca Juga: Citilink Indonesia Tunda Pemberlakuan Bagasi Berbayar

Endro menjelaskan saat ini pihaknya telah membuat kerja sama resmi dengan pihak maskapai Citilink agar rute Semarang-Jeddah terwujud. Dia menyampaikan untuk bisa menikmati layanan umrah Citilink rute Semarang-Jeddah, para calon jamaah bakal dikenai biaya mulai dari Rp 20 juta.

Endro menyebut tarif tersebut terbilang sangat terjangkau untuk ukuran jalur penerbangan langsung ke Arab Saudi. 

"Citilink dijadwalkan memakai Airbus Neo320, dan hanya transit di India untuk ngisi bahan bakar," tutur Endro.

2. Citilink rute Semarang-Jeddah bisa melayani tiga kali penerbangan sepekan

Citilink Bakal Buka Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah, Biaya Rp20 JutaANTARA FOTO/REUTERS/Zohra Bensemra

Endro mengatakan Citilink akan melayani tiga kali penerbangan setiap pekan dengan jumlah kursi sebanyak 170 buah. Jika harapan itu terwujud, maka pelayanan tersebut akan menjadi sejarah bagi dunia penerbangan di Semarang lantaran untuk pertama kalinya punya rute untuk ibadah umrah.

"Ini pertama di Jateng. Insya Allah akan memiliki direct flight umrah dari Semarang ke Jeddah sehingga jadi sejarah tersendiri," paparnya.

3. Rute Semarang-Jeddah bisa memangkas ongkos calon jemaah umrah

Citilink Bakal Buka Penerbangan Umrah Semarang-Jeddah, Biaya Rp20 JutaIDN Times/Holy Kartika

Endro mengklaim Citilink rute Semarang-Jeddah bisa menjadi daya tarik bagi calon jamaah umrah dan haji untuk memilih jalur keberangkatan dari Kota Lunpia. Hal ini otomatis juga memudahkan perjalanan calon jemaah yang tinggal di sekitar Pantura.

"Soalnya kan selama ini calon jemaah yang mau berangkat umrah maupun haji harus transit ke Jakarta dulu. Nah, kalau sudah ada yang langsung dari Semarang ke Jeddah tentunya biayanya lebih irit," jelas dia.

Namun, kata Endro, sejauh ini pihaknya belum mengetahui kepastian jadwal penerbangan perdana Citilink untuk rute tersebut. Yang pasti, jelas dia, jadwal penerbangan yang ditawarkan adalah berangkat pukul 08.00 WIB dan tiba pulul 18.00 waktu Jeddah dengan satu kali transit di India.

"Kami sangat ingin Bandara Internasional Ahmad Yani juga punya direct flight untuk layanan umrah dan haji meski belum bisa dengan pesawat wide body," tandasnya. 

Baca Juga: 10 Wisata Religi yang Bisa Dikunjungi Saat Umroh, Bikin Hati Merinding

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You