Curhatan Adelia Kepada Jokowi: Bisa Sekolah Gratis di SMKN Jateng, Kepengin Jadi Polwan

Ada juga alumni SMKN Jateng yang sedang tes di Jepang

Semarang, IDN Times - Adelia, seorang siswi SMKN Jateng mengaku mencurahkan isi hatinya kepada Presiden Jokowi yang mengunjungi sekolahannya, pada Rabu (30/8/2023).

Bagi Adelia, adanya sekolah gratis yang diberikan dari program SMKN Jateng membuatnya sangat terbantu. 

"Saya senang bisa sekolah di sini secara gratis. Tadi saya juga cerita ke Pak Jokowi kalau saya mau jadi polwan," kata Adelia. 

Baca Juga: Jokowi Tinjau SMKN Jateng: Dulunya BLK Digeser Jadi Sekolah Warga Tidak Mampu

1. Adelia merupakan anak yatim piatu

Curhatan Adelia Kepada Jokowi: Bisa Sekolah Gratis di SMKN Jateng, Kepengin Jadi PolwanGubernur Jateng Ganjar Pranowo ditemani istrinya dan Presiden Jokowi dan ibu negara saat berbincang dengan dua siswa SMKN Jateng. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Adelia adalah satu dari sekian banyak siswi yang mendapat kesempatan sekolah gratis di SMKN Jateng. Ia adalah seorang yatim piatu. 

Bisa dibilang Adelia melewati perjalanan hidup yang tragis. Pasalnya, ia menjadi sebatang kara karena ayah, ibu adik dan pamannya meninggal dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. 

Saat kecelakaan maut terjadi, hanya dirinya yang selamat.

"Tadi saya cerita tentang kecelakaan saya. Waktu itu saya naik mobil bersama bapak, ibu, adik dan paman. Saat terjadi kecelakaan, bapak, ibu, adik dan paman semuanya meninggal. Hanya saya yang selamat," ucapnya sambil berkaca.

2. Adelia sekolah di SMKN Jateng boarding Demak

Curhatan Adelia Kepada Jokowi: Bisa Sekolah Gratis di SMKN Jateng, Kepengin Jadi PolwanDok. Humas Pemprov Jateng

Kendati demikian, musibah itu tak membuat Adelia putus asa. Meski sempat kebingungan, ia akhirnya menemukan secercah harapan di SMKN Jateng. 

Adelia kemudian diterima sekolah di SMKN Jateng semi boarding di Demak.

3. Hilmi sedang tes beasiswa di Takayama College

Curhatan Adelia Kepada Jokowi: Bisa Sekolah Gratis di SMKN Jateng, Kepengin Jadi Polwan

Sedangkan Hilmi, siswa SMKN Jateng lainnya juga mengaku beruntung bisa bersekolah Di SMKN Jateng. Di hadapan Jokowi, ia menceritakan tentang pengalamannya sekolah di tempat itu menggunakan bahasa Jepang.

"Tadi saya menceritakan, saya di sini alumni yang sedang belajar bahasa Jepang. Nanti di akhir ada tes masuk beasiswa di Takayama College di Jepang. Saya cerita pakai bahasa Jepang dan bahasa Indonesia," jelasnya.

4. Mengenang masa-masa sekolah di SMKN Jateng

Curhatan Adelia Kepada Jokowi: Bisa Sekolah Gratis di SMKN Jateng, Kepengin Jadi PolwanDok. Humas Pemprov Jateng

Kepada Jokowi, Hilmi juga menceritakan betapa bangganya bisa sekolah di SMKN Jateng. Bapaknya yang hanya buruh bangunan, membuat ia sempat pesimis bisa melanjutkan sekolah.

"Ya tadi cerita itu, bagaimana saya senang bisa sekolah di sini, full mendapat beasiswa mulai asrama, makan, seragam semuanya gratis. Tadi juga saya sampaikan terima kasih pada pak Ganjar yang telah mendirikan SMKN Jateng boarding school gratis untuk siswa miskin seperti saya," pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke SMKN Jateng, Rabu (30/8/2023). Didampingi ibu negara dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Jokowi melihat fasilitas dan mengobrol bersama siswa dari sekolah yang digagas Ganjar itu.

"Saya kira ini sebuah inisiatif yang sangat bagus dari pak Ganjar. Dulunya ini gedung BLK, kemudian digeser jadi SMK dan khusus untuk keluarga miskin. Jadi ini cara menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemiskinan," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Putuskan Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pekan Ini

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya