Comscore Tracker

Fakta Jozeph Paul Zhang, Kritis Tidak Lulus Kuliah Tani UKSW Salatiga

Rektor UKSW tegaskan ulah Jozeph bukan gambaran kaum Kristen

Salatiga, IDN Times - Setelah terjerat kasus penistaan agama, sejumlah fakta soal sosok Jozeph Paul Zhang yang memiliki nama asli Shindy Paul Soerjomoeljono semakin terbongkar. Yang terbaru, Jozeph Paul tercatat merupakan lulusan Fakultas Pertanian di Kampus Universitas Kristen Widya Wacana (UKSW) Salatiga

1. Jozeph Paul tidak tamat kuliah S2 di UKSW

Fakta Jozeph Paul Zhang, Kritis Tidak Lulus Kuliah Tani UKSW SalatigaYouTuber Jozeph Paul Zhang Viral karen Penistaan Agama (YouTube Jozeph Paul Zhang)

Rektor UKSW, Neil Samuel Rupidara membenarkan bila Jozeph menempuh kuliah di kampusnya. Jozeph lulus dari Fakultas Pertanian UKSW tahun 1996 silam. 

"Shindy Paul Soerjomoeljono adalah alumni UKSW. Yang bersangkutan lulus dari Fakultas Pertanian dimana sekarang bernama Fakultas Pertanian dan Bisnis tahun 1996. Namun saat melanjutkan pendidikan S2 Program Magister Manajemen, tidak selesai," ujar Neil dalam keterangan resmi yang didapat IDN Times, Rabu (21/4/2021). 

Baca Juga: Imigrasi Semarang Sebut Paspor Jozeph Paul Zhang Berlaku Hingga 2022

2. Jozeph Paul dikenal cerdas dan menjadi orang yang kritis selama kuliah

Fakta Jozeph Paul Zhang, Kritis Tidak Lulus Kuliah Tani UKSW SalatigaIlustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Ia menyebut Jozeph ketika menjadi mahasiswa dikenal sebagai orang yang cerdas. Bahkan kampusnya sengaja membentuk pribadi Jozeph Paul sebagai sosok yang kritis terutama menyangkut hal-hal yang bersifat prinsip sekaligus realistis terhadap kondisi lingkungannya. 

Saat menempuh studi S1, ujarnya, Jozeph berada di ruang sosial yang heterogen. Sehingga Neil menganggap mestinya ada sebuah tanggung jawab moral dan sosial ketika menyampaikan pemikiran-pemikiran yang membangun daripada melakukan tindakan yang sebaliknya. 

"Jadi, kami memandang bahwa sikap pribadinya tidak kompatibel dengan wawasan almamaternya. Padahal, sejak awal berdiri, kampus kita selalu mengembangkan ciri-ciri keberagaman pada komunitas. Terutama menonjolkan keragaman etnis dan agama," kata Neil lagi. 

3. Rektor UKSW sesalkan tindakan Jozeph Paul karena mengganggu umat Islam

Fakta Jozeph Paul Zhang, Kritis Tidak Lulus Kuliah Tani UKSW Salatigahttps://www.gurupendidikan.co.id/agama-indonesia/

Pihaknya pun sangat menyayangkan ulah yang dilakukan Jozeph Paul karena mengandung unsur penistaan agama. Ia menegaskan, UKSW sebagai kampus yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. 

Meski demikian, apa yang dilakukan Jozeph Paul bersifat pandangan pribadi yang subyektif dan kontroversial sekaligus tidak mempertimbangkan secara bijaksana. 

"Oleh karenanya, kita lihat yang dilakukan Shindy menjadi pendapat pribadi yang tidak mewakili siapa-siapa. Itu tidak merepresentasikan alumni UKSW dan bukan menggambarkan perilaku kaum Kristen. Perilakunya tidak membawa damai bagi sesama, tapi juga mengganggu ketenangan umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan," tegas Neil. 

Baca Juga: 7 Suasana Edukatif yang Menyenangkan Ini Hanya Ada di UKSW

https://www.youtube.com/embed/SvWcbypCcHU

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya