Gangguan Genset jadi Pemicu Gedung Radiologi MRI RS Kariadi Terbakar

Ruangan kemoterapi RS Kariadi Semarang ikut terbakar

Semarang, IDN Times - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi Semarang kebakaran pada Kamis (30/12/2021). Kebakaran berada di Gedung Radiologi MRI yang terletak di sisi utara RSUP dr Kariadi Jalan Dr Sutomo ketika menjelang Isya atau sekitar jam 18.45 WIB.

Informasi yang diperoleh dari tim Damkar Kota Semarang diketahui, penyebab kebakaran adalah gangguan listrik di ruangan genset lantai satu gedung tersebut.

1. Kebakaran terjadi di Gedung Radiologi MRI

Gangguan Genset jadi Pemicu Gedung Radiologi MRI RS Kariadi TerbakarIlustrasi pemadam kebakaran (dok. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta)

Sebanyak 45 personel Damkar bergerak menuju RSUP dr Kariadi. Regu yang dikerahka berasal dari tim Danton 3. 

Saat berada di lokasi kejadian, ada tujuh mobil pemadam yang dikerahkan untuk menjinakan api yang membakar dua lantai di Gedung Radiologi MRI.

"Penyebab kebakarannya ada di lantai satu. Sumber apinya di ruangan genset yang berada satu gedung dengan Radiologi MRI milik RSUP dr Kariadi. Dari luar kita lihat asapnya sangat tebal. Itu pas mau Isya apinya langsung menyambar ke ruangan lainnya. Maka ada tujuh mobil pemadam yang memadamkan di lokasi kejadian," kata Trijoto Poejo Sakti, Kabid Operasional Damkar Kota Semarang kepada IDN Times.

Baca Juga: [BREAKING] Gedung Pasien Kanker RS Dr Kariadi Semarang Kebakaran

2. Ruangan kemoterapi hangus terbakar

Gangguan Genset jadi Pemicu Gedung Radiologi MRI RS Kariadi Terbakaronco.com

Ia menuturkan, kebakaran menghanguskan lantai satu dan lantai dua Gedung Radiologi MRI RSUP Kariadi. Gedung yang terbakar, katanya merupakan tempat perawatan kemoterapi dan terapi perawatan penyakit dalam lainnya yang memakai alat-alat radio nuklir.

"Jadinya pas kita memadamkan api di Gedung Radiologi juga diwanti-wanti sama Kepala Dinkes Kota Semarang agar jangan sampai ada percikan api di ruangan radio nuklir. Karena kan zat kimia nuklir yang ada di dalamnya rawan sekali terbakar. Tapi untungnya di lokasi kebetulan pas gak ada orang sama sekali. Jadi gak ada korban jiwa," kata Tri.

3. Tim Damkar sedang upayakan pendinginan

Gangguan Genset jadi Pemicu Gedung Radiologi MRI RS Kariadi TerbakarIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Ia bilang proses pemadaman selama sejam berhasil menjinakan kobaran api di RSUP Kariadi. Saat ini petugas sedang melakukan proses pendinginan.

"Sekarang sudah padam. Kita lagi upayakan pendinginan," jelasnya.

Sedangkan, Parna Humas RSUP dr Kariadi tidak bisa dihubungi ketika dikontak IDN Times. Telepon Parna hanya berdering namun tidak mengangkat panggilan telepon.

Baca Juga: [BREAKING] Kebakaran RSUP Dr Kariadi Semarang, Pasien Dievakuasi 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya