Comscore Tracker

Heboh Keraton Agung Sejagat, TNI-Polri Turun, Begini Nasib Raja & Ratu

Polisi bakal panggil Totok Santoso dan istrinya

Purworejo, IDN Times - Aparat Kepolisian Daerah Jawa Tengah saat ini memeriksa Totok Santosa Hadiningrat dan istrinya Dyah Gitarja yang mengaku sebagai penguasa Keraton Agung Sejagat. Seperti diketahui, keberadaan keraton tersebut bikin heboh warga Desa Pogung, Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo karena dianggap meresahkan.

1. Kebenaran Keraton Agung Sejagat bakal dicek polisi

Heboh Keraton Agung Sejagat, TNI-Polri Turun, Begini Nasib Raja & Ratu

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, mengatakan pihaknya kini masih melakukan penyelidikan terhadap Keraton Agung Sejagat. 

"Kita kumpulkan datanya dulu. Ini juga buat cek ke mereka untuk mengklarifikasi keberadaaan keraton di Purworejo," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (14/1).

Baca Juga: Geger Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Warga: Adanya Keraton Jin

2. Polda panggil Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat untuk dimintai klarifikasi

Heboh Keraton Agung Sejagat, TNI-Polri Turun, Begini Nasib Raja & RatuKapolda Jateng ingatkan konvoi tahun baru tak ganggu kenyamanan masyarakat. IDN Times/Fariz Ferdianto

Petugasnya sudah diperintahkan untuk memanggil Totok dan istrinya untuk dimintai klarifikasi sekaligus mengecek legalitas sejarah bangunan yang disebut-sebut sebagai keraton penerus Majapahit tersebut.

Pihaknya menegaskan kepolisian ingin mengetahui tujuan Totok mendirikan keraton di Purworejo.

3. TNI ikut telusuri eksistensi Keraton Agung Sejagat

Heboh Keraton Agung Sejagat, TNI-Polri Turun, Begini Nasib Raja & RatuWilujengan Keraton Agung Sejagat di Purworejo. (YouTube.com/Kudaku On Top)

Sedangkan menurut Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, dirinya telah menginstruksikan kepada anggotanya untuk menelusuri tempat keraton yang ada di Desa Pogung. 

Proses penyelidikan juga dilakukan aparat TNI dengan mengerahkan para Babinsa. "Bhabinkamtibmas kami minta cek dan selidiki itu lokasi keraton," tandasnya.

Baca Juga: Ada Prasasti Huruf Jawa dan Kolam Keramat di Keraton Agung Sejagat

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya