Jelang Laga PSIS Versus Persebaya, Polda Jateng Janji Pulangkan Bonek Tanpa Tiket

Polda Jateng anggap laga PSIS Lawan Persebaya rawan

Semarang, IDN Times - Aparat Polda Jawa Tengah menyatakan laga PSIS kontra Persebaya yang gelar Rabu (29/3/2023) Malam memiliki tingkat kerawanan. Untuk itulah, Polda Jateng menjamin keamanan laga bigmatch PSIS Semarang melawan Persebaya dalam kompetisi BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri Semarang.

1. Para suporter diminta pulang setelah pertandingan

Jelang Laga PSIS Versus Persebaya, Polda Jateng Janji Pulangkan Bonek Tanpa TiketKaro Ops Polda Jateng Kombes Pol Basya Radyananda. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Basya Radyananda, mengatakan jalannya pertandingan yang berlangsung nanti malam mempunyai kerawanan tersendiri.

Dalam menyikapi hal itu pihaknya mengimbau kepada para suporter untuk segera pulang usai menonton pertandingan.

“Kalau Malam hari kerawanan akan lebih kental daripada Siang, kami lakukan penetrasi dan imbauan pada para suporter untuk segera pulang usai pertandingan untuk cegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata Basya dalam keterangan yang diterima IDN Times

Baca Juga: Suporter Hadir, PSIS Semarang Janji Menang Lawan Persebaya Surabaya

2. Polisi klaim sudah koordinasi sama Wali Kota Semarang dan Surabaya

Jelang Laga PSIS Versus Persebaya, Polda Jateng Janji Pulangkan Bonek Tanpa TiketWali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menemui warga di acara tasyakuran pesta rakyat di Balaikota Semarang, Senin (30/1/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Diungkapkan bahwa secara teknis dan taktis, giat pengamanan bertumpu di Polrestabes Semarang dengan Kapolrestabes selaku Kasatgas Pengamanan.

Polda Jateng, katanya juga, telah berkoordinasi dengan Walikota Semarang dan Walikota Surabaya.

"Untuk laga Persebaya nanti malam (Rabu (29/3/2023)), kami sudah melaksanakan berbagai upaya untuk mengamankan kegiatan tersebut. Kami juga telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Walikota Semarang dan Wali Kota Surabaya,” kata Basya. 

3. Amankan kepulangan suporter ke perbatasan Jatim

Jelang Laga PSIS Versus Persebaya, Polda Jateng Janji Pulangkan Bonek Tanpa TiketSuporter Bonek Mania. IDN Times/Hendy Wardhana

Lebih jauh lagi, pola pengamanan pun tidak hanya di sekitar Stadion. Akan tetapi mencapai seluruh wilayah yang merupakan jalur kedatangan dan kepulangan para Bonek. 

“Kami juga libatkan polres jajaran yang menjadi lintasan kepulangan suporter hingga ke perbatasan Jawa Timur," cetusnya.

4. Para Bonek yang datang tanpa tiket akan dipulangkan lagi

Jelang Laga PSIS Versus Persebaya, Polda Jateng Janji Pulangkan Bonek Tanpa TiketAksi Bonek di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Terkait kedatangan suporter Bonek yang ikut mendukung Persebaya di Kota Semarang, diungkapkan bahwa hal tersebut juga telah dikoordinasikan dengan Wali Kota Surabaya. 

Ada sebanyak 1.000 tiket bagi Bonek telah disiapkan dengan koordinasi Wali Kota Surabaya.

“Bagi yang datang ke Semarang tanpa tiket atau tanpa koordinasi, kami segera pulangkan kembali. Dan bagi yang telah dikoordinasikan kami siapkan tempat berupa safe house di Citarum serta dapur umum di Pemkot Semarang,” ungkapnya. 

Baca Juga: Laga PSIS Semarang VS Persebaya Surabaya Digelar dengan Penonton

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya