Comscore Tracker

Jenderal Hoegeng dan 2 Tokoh Jateng Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Salah satunya Jenderal Hoegeng

Semarang, IDN Times - Tiga tokoh asal Jawa Tengah yang selama ini turut berjuang melawan kolonial Belanda sedang diusulkan menjadi pahlawan nasional. Ketiga tokoh yang dimaksud yaitu dr Kariadi, Jenderal Polisi Hoegeng Imam Santoso dan Profesor Soegarda Poerbakawatja.

Usulan penganugerahan pahlawan nasional bagi ketiga tokoh ini muncul dari keinginan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

1. Ganjar ngaku sudah kirim surat ke Mensos untuk meloloskan tiga nama calon pahlawan nasional

Jenderal Hoegeng dan 2 Tokoh Jateng Diusulkan Jadi Pahlawan NasionalMenteri Sosial Juliari Batu Bara dalam Webinar dan Bimbingan Teknis Bekerja di Tengah Pandemi COVID-19 bagi Pekerja Sosial/ dok Kemensos

Ganjar mengaku saat ini sudah berkirim surat kepada Mensos Juliari P Batubara agar nama ketiga tokoh tersebut diloloskan sebagai pahlawan nasional. Surat yang dikirim Ganjar bernomor 464/0009043.

"Usulannya sudah saya setujui. Ada tiga yang diusulkan. Yakni pak Hoegeng, dr Kariadi dan satu lagi pak Soegarda, yang sekarang namanya dipakai untuk museum di Purbalinggga. Sudah saya kirim ke pusat," kata Ganjar dalam keterangan yang didapat IDN Times, Jumat (19/6).

Baca Juga: Kisah Teladan Jendral Hoegeng, Polisi Jujur yang Disanjung Gus Dur

2. TP2GD sudah teliti syarat pengajuan pahlawan nasional

Jenderal Hoegeng dan 2 Tokoh Jateng Diusulkan Jadi Pahlawan NasionalGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Ia mengatakan semula ada usulan dari masyarakat untuk menganugerahkan ketiga tokoh itu jadi pahlawan nasional. Usulan datang dari arus bawah. Setelah itu dinaikan ke Pemprov. Lalu dilakukan kajian oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Jawa Tengah. Saat ini ketiganya telah memenuhi persyaratan yang berlaku.

"Itu detail. Ada usulan dari masyarakat, ada data yang dilampirkan. Tugas kami memverifikasi saja, apakah semuanya betul dan tidak ada yang terlanggar. Kemudian setelah itu, kami meneruskan ke pusat," lanjutnya.

Ia menekankan bahwa keputusan akhir nantinya berada di tangan Sekmil Presiden. "Kami hanya meneruskan saja," tutupnya.

3. Prof Soegarda, dr Kariadi dan Hoegeng dijadikan nama stadion dan RS

Jenderal Hoegeng dan 2 Tokoh Jateng Diusulkan Jadi Pahlawan NasionalWikipedia

Perlu diketahui, Profesor Soegarda merupakan pahlawan lokal dari Kabupaten Purbalingga, Jenderal Hoegeng dari Kota Pekalongan dan dr Kariadi dari Kota Semarang.

Lantas apa saja jasa-jasa yang pernah dilakukan ketiga tokoh itu?

Jenderal Hoegeng merupakan Kapolri di awal Orba. Dia memimpin korps Bhayangkara selama 1968-1971 silam. Almarhum yang dilahirkan di Pekalongan dianggap telah berjasa mengabdi di korps kepolisian Republik Indonesia. 

Semasa hidupnya Hoegeng juga dinilai sebagai suri tauladan karena bersikap jujur, berintegritas dan anti KKN. Nama Hoegeng kini diabadikan sebagai nama  stadion di Pekalongan, nama jalan di Jabar dan nama rumah sakit Bhayangkara di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

Nama selanjutnya adalah Soegarda Poerbakawatja. Soegarda dinilai berjasa selama mengabdi pada bidang pendidikan hampir sepanjang hidupnya. Namanya juga sudah dipakai di sebuah museum di Purbalingga.

Sedangkan Dr Kariadi memiliki jasa yang besar karena mengabdi dalam bidang kesehatan masyarakat. Kariadi juga turut terlibat dalam pertempuran lima hari di Semarang, serta nama beliau telah diabadikan sebagai nama rumah sakit di Semarang.

Baca Juga: Dokter Kariadi Diusulkan Pahlawan, Agar Peran Dokter Tak Terabaikan

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya