6 Jurus Jitu Hindari Aksi Gendam saat Mudik ke Jateng, Jangan Lengah!

Selalu waspada saat mudik dan balik ya, lur

Semarang, IDN Times - Mendekati momentum arus mudik Lebaran 2022, aparat Polda Jawa Tengah menyarankan kepada para pemudik untuk mengantispasi segala potensi tindak kejahatan yang muncul saat libur Lebaran. 

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengingatkan, tindak kejahatan yang kerap muncul saat arus mudik maupun liburan Lebaran yaitu aksi gendam.

"Korbannya cukup banyak. Namun berdasarkan pengalaman di lapangan, kebanyakan korban gendam adalah pedagang, pelaku perjalanan dan warga yang ada di pusat keramaian," ungkap Iqbal dalam keterangan resmi kepada IDN Times, Kamis (21/4/2022). 

1. Pelaku gendam kerap beraksi di terminal, toko dan pasar

6 Jurus Jitu Hindari Aksi Gendam saat Mudik ke Jateng, Jangan Lengah!IDN Times/Irfan Fathurohman

Ia bilang, aksi gendam beresiko muncul ketika geliat aktivitas ekonomi warga mengalami peningkatan. Pelaku gendam, katanya sering beraksi di terminal, toko-toko, pasar maupun pusat keramaian lainnya. 

"Masa persiapan lebaran dan mudik cukup rawan terhadap kejahatan jenis ini," tegasnya.

Baca Juga: Bikin 251 Posko Mudik di Jateng, Polisi Janji Gak Cegat Pemudik

2. Polda Jateng lakukan deteksi dini untuk cegah gendam

6 Jurus Jitu Hindari Aksi Gendam saat Mudik ke Jateng, Jangan Lengah!Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy saat memberikan pernyataan kepada awak media. (Dok Humas Polda Jateng)

Untuk saat ini, pihak kepolisian sedang menyisir sejumlah tempat untuk mendeteksi dini demi mengantisipasi merebaknya aksi gendam saat mudik Lebaran. 

Patroli terbuka dan tertutup digencarkan oleh Polda Jateng. Iqbal juga mengaku telah mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi gendam. 

"Termasuk berkoordinasi dengan pengelola terminal dan pasar. Semua pihak kita ajak mengantisipasi gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) termasuk gendam," jelasnya.

3. Pelaku gendam sering gunakan trik hipnotis

6 Jurus Jitu Hindari Aksi Gendam saat Mudik ke Jateng, Jangan Lengah!Petugas Kepolisian melakukan memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Ia menyampaikan, pelaku gendam biasanya menggunakan trik-trik hipnotis untuk memainkan alam bawah sadar calon korbannya.

Para korban dibuat linglung dan seringkali baru tersadar ketika para pelaku sudah melarikan diri.

4. Pelaku gendam dijerat pasal penipuan

6 Jurus Jitu Hindari Aksi Gendam saat Mudik ke Jateng, Jangan Lengah!Pixabay.com/innerwhispers

Agar aksi gendam dapat diberantas, pihaknya bakal menjerat pelakunya dengan pasal 378 KUHP karena kejahatan tersebut termasuk tipu muslihat perkataan atau rangkaian bohong, bujuk rayu yang meyakinkan orang lain agar mengikuti perkataan. 

"Lebih baik kita ada teman atau keluarga saat melakukan perjalanan. Agar kita tetap fokus dan nyaman karena ada teman berbicara," terangnya. 

5. Berikut enam cara manjur biar terhindar dari aksi gendam

6 Jurus Jitu Hindari Aksi Gendam saat Mudik ke Jateng, Jangan Lengah!Ilustrasinya barang bukti gendam. IDN Times/Imam Rosidin

Secara lengkap, berikut ini sejumlah tips ampuh untuk mencegah aksi gendam:

  1.  Tidak membawa uang berlebihan, banyak barang berharga dan perhiasan mencolok
  2. Diupayakan tidak melakukan perjalanan seorang diri. Ajak keluarga atau teman untuk menyertai dalam perjalanan
  3. Selalu waspada dan hindarkan melamun. Kondisi paling rentan adalah ketika seseorang lelah atau tidak fokus 
  4. Waspadai tepukan dari orang yang tak dikenal
  5. Berhati-hati terhadap orang yang baru dikenal, apalagi yang terlihat sok akrab dan ingin melakukan percakapan secara intens 
  6. Waspadai ketika ada kejanggalan terhadap tubuh. Seperti tiba-tiba mengantuk, merasa mual dan pusing

"Apabila dirasa ada yang mencurigakan atau kurang beres, jangan ragu menghubungi petugas kepolisian dan petugas lain yang terdekat untuk meminta pertolongan," tambah Iqbal.

Baca Juga: Pantura Jateng Belum Mulus saat Arus Mudik 2022, Ini Titik Kerusakannya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya