Ketua PPP Jateng Kalungkan Syal Palestina Kepada Gibran, Apa Maksudnya?

Palestina simbol perjuangan Islam

Solo, IDN Times - Elite politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Tengah hari ini, Jumat (28/8/2020), memantapkan dukungan untuk pasangan calon walikota dan wakil wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. 

Saat menyerahkan rekomendasi kepada Gibran, Ketua DPW PPP Jawa Tengah, Masrukan Syamsurie sengaja mengalungkan syal Palestina ke leher Gibran. 

1. Palestina dianggap jadi simbol perjuangan Islam

Ketua PPP Jateng Kalungkan Syal Palestina Kepada Gibran, Apa Maksudnya?Pendemo di depan pasukan Israel di Tepi Barat, dekat Tulkam, pada 5 Juni 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamad Torokman

Masrukan mengaku lambang bendera Palestina punya arti penting bagi partainya yang bernapaskan Islam.

"Sampai kapanpun Palestina tetap menjadi simbol perjuangan Islam. Sehingga ini punya manfaat yang penting bagi kita semua," kata Masrukan. 

2. Warna bendera Palestina juga melambangkan simbol PPP dan PDIP

Ketua PPP Jateng Kalungkan Syal Palestina Kepada Gibran, Apa Maksudnya?Istimewa

Tak cuma itu saja, ia menjelaskan bendera Palestina yang bercorak warna merah dan hijau juga punya makna mendalam bagi PPP dan PDIP yang kompak mengusung Gibran-Teguh. 

"Ini kan ada warna merah dan hijaunya. Jadi juga melambang simbol kedua partai pengusung," tambahnya sembari menunjukan garis merah dan hijau pada syal Palestina.

3. PPP sudah berikan rekomendasi untuk Solo, Blora, Grobogan hingga Purbalingga

Ketua PPP Jateng Kalungkan Syal Palestina Kepada Gibran, Apa Maksudnya?Ketua PPP Jateng menyerahkan rekomendasi kepada Gibran Rakabuming Raka. Fariz Fardianto/IDN Times

Menurutnya kader partainya sudah sepakat memberikan kepercayaan kepada Gibran untuk bertarung di bursa Pilwakot Solo. Jika terpilih jadi wali kota Solo, ia mendoakan agar Gibran-Teguh menjunjung tinggi sikap amanah. 

Selain Solo, pihaknya juga memberikan rekomendasi bagi tiga daerah lainnya. Masing-masing adalah Blora, Grobogan dan Kabupaten Semarang. "Beberapa hari lalu juga sudah diserahkan rekom untuk calon di Klaten, Kebumen dan Purbalingga. Sisanya masih ada yang dalam proses. Yang akan datang, kita berikan untuk wilayah Kendal, Wonosobo, Pemalang dan masih banyak lagi," jelasnya. 

Sedangkan, Edi Jasmanto, Ketua PPP Solo mengatakan dirinya berpesan agar Gibran saat terpilih jadi wali kota, tetap menjaga hubungan PDIP dan PPP agar harmonis. 

"Kita titipkan program yang pro Islam, memberi bantuan pada pesantren, madrasah dan kepada para guru dan takmir masjid. Kalau bisa diumrohkan agar tahu Baitullah (Rumah Allah)," imbuhnya. 

4. Gibran: Kita gaspol. Ia akan melakukan lompatan pembangunan

Ketua PPP Jateng Kalungkan Syal Palestina Kepada Gibran, Apa Maksudnya?Gibran Rakabuming Raka saat menyambangi markas PPP Jateng. Fariz Fardianto/IDN Times

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka bilang bila menang di Pilwakot Solo, ia akan berusaha memperbaiki kondisi perekonomian pasca pandemik COVID-19. Setelah itu, ia akan melakukan lompatan pembangunan untuk Kota Solo supaya jadi lebih maju lagi.

"Kita akan langsung gaspol. Kita juga sering dengarkan permintaan intensif kepada guru TPA dan sebagainya. Dan itu sudah saya catat. Saya berterima kasih karena telah mempercayakan dukungan PPP kepada saya dan Pak Teguh. ," akunya. 

Baca Juga: Selesai Ikut Sekolah Partai, Gibran Daftar Ke KPU Tanggal 4 September

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya