Comscore Tracker

Kondisi Pasien Suspek Cacar Monyet di Pati Berangsur Pulih

Dinkes Jateng minta warga jangan terlalu khawatir

Pati, IDN Times - Dinas Kesehatan Jawa Tengah menyatakan, pasien yang sempat mengalami gejala cacar monyet (monkeypox) di Kabupaten Pati, saat ini kondisinya berangsur pulih. Kepala Dinkes Jateng, dr Yunita Dyah Suminar menuturkan hal yang sama dari keterangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa dari uji laboratorium pada pasien tersebut hasilnya negatif cacar monyet.

1. Pasien bukan pelaku perjalanan luar negeri

Kondisi Pasien Suspek Cacar Monyet di Pati Berangsur Pulihilustrasi virus cacar monyet (pixabay.com/SamuelFrancisJohnson)

Menurutnya, si pasien yang sempat bergejala cacar monyet kini membaik. Penyakitnya juga tidak menular ke orang lain. 

"Tidak ada yang tertular. Dia bukan pelaku perjalanan luar negeri," kata Yunita di Kantor Gubernur Jateng, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: IDI Jateng Minta Warga Jauhi Monyet dan Tikus Agar Tidak Tertular Cacar Monyet

2. Warga perlu tingkatkan kesehatan untuk minimalisir penularan cacar monyet

Kondisi Pasien Suspek Cacar Monyet di Pati Berangsur PulihIlustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/Fauzan)

Lebih lanjut, ia menuturkan, ketika ditelusuri, pihaknya tidak menemukan pasien kontak erat dengan binatang. Selain itu, si pasien juga bukan seorang homoseksual alias gay. 

Akan tetapi, dirinya meminta kepada warga untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kesehatan agar dapat mengantisipasi risiko penularan cacar monyet. 

3. Warga tingkatkan imunitas tubuh

Kondisi Pasien Suspek Cacar Monyet di Pati Berangsur Pulihpixabay.com/tumisu

Bagi warga yang beraktivitas di luar rumah, tambah Yunita, tak perlu khawatir berlebihan jika seandainya ditemukan gejala mirip cacar monyet. 

"Kalau bicara virus itu yang pertama meningkatkan imunitas. Masyarakat lebih baik datang ke fasilitas kesehatan (faskes) biar memperoleh perawatan kalau ditemukan gejala," tandasnya. 

Baca Juga: Kemenkes: Pasien Suspek Cacar Monyet di Semarang Bukan Gay

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya