Korban Laka Bus Wisata yang Selamat Dipulangkan Langsung ke Tangsel, MDMC Respon Cepat

Korban yang terluka dibawa ke RSUD Slawi

Tegal, IDN Times - Sejumlah korban yang selamat dalam kecelakaan bus wisata di dekat kawasan obyek wisata Guci, Kabupaten Tegal dipulangkan ke Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) melalui jalur darat. 

1. Korban selamat dipulangkan ke Tangsel

Korban Laka Bus Wisata yang Selamat Dipulangkan Langsung ke Tangsel, MDMC Respon CepatPara personel gabungan saat memasukan korban kecelakaan bus wisata ke dalam ambulans. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kapolres Tegal, AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengatakan proses pemulangan terhadap korban selamat menggunakan bus bantuan dari Pemkab Tegal. 


"Minggu (7/5/2023) malam langsung dibawa ke rumah masing-masing di Tangsel. Yang dipulangkan adalah mereka yang selamat tanpa luka. Kendaraan yang membawa mereka disiapkan bus dari Pemkab," kata Sajarod kepada IDN Times, Senin (8/5/2023). 

Baca Juga: Bus Wisata yang Jatuh di Guci Tegal Terakhir Uji KIR Tahun 2020

2. Korban yang luka ringan dirawat di Puskesmas dan RSUD

Korban Laka Bus Wisata yang Selamat Dipulangkan Langsung ke Tangsel, MDMC Respon Cepatilustrasi perawatan pasien di rumah sakit (247nursing.com.au)

Meski demikian dirinya belum bisa merinci berapa banyak para korban yang dipulangkan ke Tangsel. 

 

Informasi dari Polres Tegal menyebutkan korban yang dibawa ke rumah sakit mengalami luka pada hidungnya, lecet pada kepala, luka bagian tangan, luka punggung dan luka telinga. 

 

"Awalnya (korban) dibawa ke Klinik depan SMK Bumijawa. Terus ada juga di Puskesmas Bumijawa. Dan ada yang dirawat ke RSUD dr Soesilo Slawi," terangnya. 

3. Sopir sedang mandi saat mesin bus menyala

Korban Laka Bus Wisata yang Selamat Dipulangkan Langsung ke Tangsel, MDMC Respon CepatIlustrasi Kecelakaan (bus masuk jurang) (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk bus wisata yang terperosok ke sungai bernopol B 7260 OGA yang dioperasikan PO Duta Wisata. Saat kejadian, bus Duta Wisata sedang dipanasi dengan dinyalakan mesinnya. 


Sedangkan sopir bus Duta Wisata bernama Romyani, warga Perumahan Bumi Puspiptek Asri blok BIII Nomor 3 Desa Pagedangan RT 02/RW II, Pagedangan  Kabupaten Tangerang. 

 

Kemudian sang sopir meninggalkan bus untuk mandi. Namun 15 menit kemudian tiba-tiba bus tersebut bergerak maju sendiri ketika 37 penumpang masuk ke dalam bus. Bus Duta Wisata lalu masuk ke sungai sehingga membuat para penumpangnya mengalami luka-luka.

4. Relawan MDMC Muhammadiyah Pemalang ikut bentu evakuasi

Korban Laka Bus Wisata yang Selamat Dipulangkan Langsung ke Tangsel, MDMC Respon CepatLogo Muhammadiyah. (muhammadiyah.or.id)

Terpisah, sejumlah relawan dan petugas gabungan turut membantu evakuasi para korban bus wisata tersebut. Tercatat relawan dan petugas yang membantu evakuasi dari PMI Kab. Tegal, SAR Wanakencana, MDMC Muhammadiyah Pemalang, Polres Tegal, Polsek Bumijawa, Koramil Bumijawa, Puskesmas Bumijawa, Puskesmas Bojong. 

Diinformasikan oleh personel MDMC PDM Pemalang dari lokasi kejadian, rombongan dari Tangerang sedang berwisata ke guci sebanyak dua bus. Ketika penumpang mulai naik, bus tersebut kehilangan kendali dan meluncur menurun, kemudian jatuh ke aliran sungai.

Sejumlah korban langsung di evakuasi warga dibantu relawan dan petugas setempat dan diberi penanganan kesehatan di Puskesmas Bumijawaa. 

Dari informasi yang dihimpun terdapat 60 orang penumpang. Dari total penumpang, 1 orang meninggal dunia, 9 orang korban dibawa ke RSUD dr. Soesilo, dan 50 lainnya luka ringan. 

Baca Juga: Ketemu Wagub Jateng, Pelajar Muhammadiyah Ungkapkan Cara Cegah Pernikahan Dini

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya