Comscore Tracker

Libur Lebaran, Jangan Lewatkan Nonton Sesaji Rewanda di Goa Kreo

Kera ekor panjang sejak ratusan tahun tinggal di Kreo

Semarang, IDN Times - Sejumlah titik obyek wisata di Kota Semarang tetap menjadi pilihan pemudik untuk menghabiskan waktu libur panjangnya selama sepekan lebih. Satu destinasi yang tak boleh dilewatkan begitu saja adalah Goa Kreo.

Baca Juga: Tiga Wisatawan Tersapu Ombak Pantai Suwuk, Dua  Belum Ditemukan

1. Sesaji Rewanda jadi rutinitas untuk memberi makan kera ekor panjang

Libur Lebaran, Jangan Lewatkan Nonton Sesaji Rewanda di Goa Kreokotasemarang.go.id

Berada di puncak perbukitan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Goa Kreo bisa jadi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan. Sebab, menurut Kepala UPTD Kawasan Wisata Goa Kreo, Mamit Sumitra, selama liburan, Goa Kreo memiliki atraksi wisata yang menarik.

"Salah satunya ya Sesaji Rewanda. Itu acara tahunan kita. Kita akan adakan tepat di puncak libur panjang Lebaran. Biasanya akhir pekan. Nanti kita adakan tanggal 9 pagi setelah itu dilanjut atraksi mahakarya Goa Kreo," kata Mamit kepada IDN Times, Jumat (7/6).

Sesaji Rewanda, katanya merupakan perayaan gunungan yang berisi ragam makanan hasil bumi. Wisatawan kemudian diberi kesempatan untuk memberi makan bagi kawanan kera ekor panjang yang menjadi habitat utama di lokasi wisata tersebut.

2. Sesaji Rewanda jadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan

Libur Lebaran, Jangan Lewatkan Nonton Sesaji Rewanda di Goa KreoANTARA FOTO/R Rekotomo

Mamit mengakui bahwa Sesaji Rewanda mampu menyedot perhatian wisatawan untuk datang ke Goa Kreo. Apalagi, Mamit menjelaskan saat ini tingkat kunjungan wisatawan meningkat dan rata-rata ingin berlibur sekaligus melihat dari dekat kawanan kera ekor panjang.

3. Dengan masa liburan yang sangat panjang, jumlah wisatawan Goa Kreo membludak

Libur Lebaran, Jangan Lewatkan Nonton Sesaji Rewanda di Goa Kreokotasemarang.go.id

Sejak hari pertama Lebaran sampai hari ketiga ini misalnya, jumlah wisatawan yang ada di Goa Kreo sudah mencapai 3.105 orang. 

"Yang jelas peningkatan kunjungannya sangat terasa tahun ini. Padahal Lebaran tahun kemarin saja cuma ada 1.000 orang. Tahun sebelumnya lagi malahan 600-an orang. Ya mungkin sekarang banyak rombongan keluarga yang penasaran dengan keberadaan kera ekor panjang," terangnya. 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Baru di Solo yang Seru Buat Liburan Mudik

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Nugroho Adi Purwoko

Berita Terkini Lainnya