Minta G20 dan Pilpres Aman, Kapolda Jateng Istighosah Bareng Pemuka Lintas Agama

Luthfi minta diberi kelancaran selama G20

Semarang, IDN Times - Pengamanan jalannya G20 di Bali dan Pilpres 2024 menjadi fokus perhatian aparat kepolisian.

Di Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi bahkan secara khusus menggelar istighosah untuk meminta pengamanan dua hajatan terbesar di Indonesia tersebut dapat berjalan lancar. 

Acara istighosah yang diadakan Kapolda Jateng turut dihadiri sejumlah pemuka lintas agama serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. 

1. Kapolda Jateng kepengin tugas yang diemban polisi bisa aman

Minta G20 dan Pilpres Aman, Kapolda Jateng Istighosah Bareng Pemuka Lintas AgamaKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Ketika istighosah berlangsung di halaman Mapolda Jateng, terlihat hadir Pastor Gereja Paroki Santa Theresia Bongsari Romo Didik Eduardus Cahyono, Pastor Gereja Loyola Banjardowo Sayung Romo Aloysius Budi Purnomo, Ketua MUI Jateng KH Ahmad Daroji, Ketua FKUB Jateng KH Taslim Sahlan, sejumlah bante, perwakilan tokoh Hindu. 

Luthfi menyampaikan istighosah bareng pemuka lintas agama dimaksudkan supaya tercipta keamanan dan ketertiban di wilayah Jawa Tengah seiring adanya perkembangan situasi yang muncul saat ini.

Ia menginginkan dengan berdoa bersama maka wilayahnya bisa selalu aman dan kondusif. 

"Sehingga ke depan dengan adanya doa bersama, Polri akan melaksanakan tugas pokok khususnya Harkamtibmas, untuk bisa menangkap harapan masyarakat di pelaksanaan tugasnya," ujar Luthfi, Kamis (10/11/2022). 

Baca Juga: Peringatan Keras! Kapolda Jateng Ancam Copot Kapolres yang Bekingi Judi

2. Polisi bertugas amankan Pilkada, Pilpres dan G20

Minta G20 dan Pilpres Aman, Kapolda Jateng Istighosah Bareng Pemuka Lintas AgamaPeserta delegasi negara G20 berbincang-bincang sebelum memulai rapat pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 di Yogyakarta, Kamis (19/5/2022). Pertemuan DEWG Presidensi G20 hari ketiga mengangkat tema "Workshop on the G20 Toolkit Measuring Digital Skills and Digital Literacy". ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Ia menekankan jika polisi saat ini sedang berusaha melakukan pengamanan menjelang pelaksanaan acara G20 di Pulau Bali. 

Selain itu, aparat kepolisian juga punya tugas lainnya dengan mengamankan pelaksanaan tahapan Pilkada sekaligus Pilpres 2024 mendatang. 

"Dengan dilandasi doa, maka semua moril anggota Polri dan TNI maupun stakeholder yang lain kita dapat melaksanakan pengabdian kita kepada masyarakat bangsa dan negara," bebernya. 

3. Ganjar sarankan tiap masalah perlu minta pertolongan kepada Tuhan

Minta G20 dan Pilpres Aman, Kapolda Jateng Istighosah Bareng Pemuka Lintas AgamaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dicukur gundul saat Hari Kanker Anak Sedunia. (IDN Times/Humas Pemprov Jateng)

Sedangkan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berkata ungkapan doa merupakan upaya setiap umat beragama untuk memasrahkan kepada Tuhan agar setiap tantangan dan permasalahan bisa dituntaskan. 

"Siapapun pasti akan mendapat ujian. Kita  Berikhtiar dengan segala kompetensi dan kewenangan yang diberikan untuk merespon segala permasalahan masyarakat. Apabila semua usaha dilakukan namun belum ditemukan penyelesaian, maka kita meminta pertolongan kepada Tuhan," ungkap Ganjar. 

4. Istighosah juga untuk menyikapi cuaca ekstrem

Minta G20 dan Pilpres Aman, Kapolda Jateng Istighosah Bareng Pemuka Lintas AgamaGelaran acara istighosah yang diadakan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama tokoh lintas agama. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Di tempat yang sama, Ketua MUI Jateng, Ahmad Daroji mengatakan gelaran istighosah akan dilakukan untuk menghadapi cuaca ekstrem yang belakangan terjadi. Menurutnya, puncak cuaca ekstrem terjadi pada Desember-Januari 2023.

"Dan kemudian menghadapi Pilkada yang diharapkan lancar dan aman. Memperkuat komponen Polri, semua masyarakat untuk selalu bersama. Doa bersama ini untuk memohon kepada Allah supaya dikabulkan," katanya. 

Baca Juga: Amankan Listrik KTT G20, PLN Jateng Terjunkan 29 Personel Berkompetensi Khusus

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya