Pakar Lingkungan Hidup Puji Pelestarian Anggrek Ngesrep Balong Kendal

PLN Indonesia Power terbukti makin oke

Semarang, IDN Times - Tahapan pelestarian bunga anggrek dan sejumlah tananan keras di Desa Ngesrep Balong, Limbangan, Kabupaten Kendal rupanya menuai pujian dari kalangan akademisi. 

Baca Juga: Sampah Banjir Menumpuk, Petugas Bersihkan Water Intake PLTGU Tambaklorok

1. Indonesia Power terbukti tingkatkan ekonomi masyarakat

Pakar Lingkungan Hidup Puji Pelestarian Anggrek Ngesrep Balong KendalSejumlah mahasiswa dan mahasiswi melihat pameran earth day 2024. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Pakar lingkungan hidup dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof Sudharto P Hadi menyebutkan langkah pelestarian tumbuhan yang selama ini digiatkan oleh PLN Indonesia Power telah memberikan dampak nyata bagi masyarakat setempat. 

Prof Darto, sapaan karibnya mengatakan Indonesia Power terbukti cukup konsisten melakukan pelestarian lingkungan. Termasuk mempertahankan ekosistem satwa dan tumbuhan yang berkembang biak di Ngesrep Balong. 

"Apresiasi terhadap PT PLN Indonesia Power terhadap program TJSL yang telah dilaksanakan sangat concern terhadap kelestarian lingkungan. Tak hanya memberikan impact terhadap kenaikan ekonomi masyarakat terdampak, tapi program yang dilaksanakan juga turut melestarikan flora dan fauna seperti yang dilakukan anggrek, tanaman keras di Konservarsi Ngesrep Balong," kata Prof Darto dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (29/4/2024).

2. Indonesia Power ikut pameran Earth Day

Pakar Lingkungan Hidup Puji Pelestarian Anggrek Ngesrep Balong KendalPakar lingkungan hidup Undip Prof Sudharto P Hadi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketika menghadiri acara Expo Earth Day di Gedung D FISIP dan GOR Tennis Undip pekan lalu, Prof Darto terlibat dalam kegiatan diskusi dan sesekali memantau ragam produk yang dipajang di tiap stand. 

Ia yang dikampus sebagai Dewan Pertimbangan PROPER ini senang dengan langkah-langkah nyata yang dilakukan Indonesia Power. 

Adapun dalam pameran tersebut, PLN Indonesia Power UBP Semarang berpartisipasi pada acara yang diinisiasi oleh Program Doktor dan Magister Ilmu Lingkungan, FISIP Undip.

Earth day acara tahunan yang dirayakan oleh seluruh dunia pada tanggal 22 April untuk menunjukkan dukungan pada kelestarian lingkungan.

3. Indonesia Power pamerkan produk-produk inovatif

Pakar Lingkungan Hidup Puji Pelestarian Anggrek Ngesrep Balong KendalBedah Buku yang berjudul “Bunga Rampai Manajemen Lingkungan Bagian Keempat” karya Prof Sudharto P. Hadi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Salah satu rangkaian kegiatan program Earth Day 2024 adalah Bedah Buku yang berjudul “Bunga Rampai Manajemen Lingkungan Bagian Keempat” karya Prof Sudharto P. Hadi dan “Bisnis Berkelanjutan: Teori dan Implementasi” karya Prof Sudharto P. Hadi dan Prof Bulan Prabawani.

Turut hadir dalam kegiatan Djismun Kasri, Darwina Widjajanti, Agnes Aristiarini,  Agus Pambagio dan Sekpro dari PROPER KLHK. Turut hadir pula Dr. Krisdyatmoko (UGM), Dr. Bahrudin (UGM), Prof Fani Cahyadinto (UNPAD) dan Prof Joni Hermana (ITS)
PT PLN Indonesia Power.

Mereka berpartisipasi dalam pameran bersama tiga unitnya yaitu PT PLN Indonesia Power UBP Semarang dengan mitra binaan Konservasi Kopi Ngesrep Balong, Batik Alam Zie Batik dan Olahan pangan berbahan dasar ikan UD Putri Laut. 

Selain itu, turut bergabung PT PLN Indonesia Power UBP Mrica dengan produk unggulan Konservasi Kopi Sengkuyung Banjarnegara dan PT PLN Indonesia Power UBP Adipala dengan produk mitra binaan Batik Alam Saloka.

Produk mitra binaan PLN Indonesia Power merupakan produk yang mendukung program pelestarian lingkungan dengan melakukan AMDAL yang baik sehingga tidak meninggalkan pencemaran lingkungan dalam proses produksi serta mendukung pemberdayaan masyarakat yang mandiri dan berdikari. 

Baca Juga: Sambangi Jateng, Mentan Salurkan Bantuan 10 Ribu Pompa Air Senilai Rp600 M

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya