RSJ Amino Semarang Sisakan 100 Bangsal untuk Tampung Pasien Pasca Pemilu 2024

RSJ Amino juga punya 11 dokter jiwa

Semarang, IDN Times - Pengelola Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dr Amino Gondohutomo Semarang menyatakan kesiapannya dalam menampung para pasien pasca tahapan coblosan Pemilu 2024 mendatang.

Pihak RSJ Amino mengaku memiliki ratusan kamar yang bisa digunakan untuk merawat pasien dengan berbagai gejala gangguan kejiwaan. 

"Kami siap sediakan fasilitasnya. Dari kasus apapun kita siap. Daya tampungnya masih cukup. Kita ada 340 bangsal tapi rata-rata hariannya (terisi) 200 sekian. Masih ada sepeleng seratusan (kamar)," ujar Dirut RSJ Amino Gondohutomo, Alek Jusran, Jumat (24/11/2023). 

Baca Juga: RS Kariadi Sediakan 12 Kasur untuk Rawat Caleg Depresi, Dilengkapi Ping-pong dan Puzzel

1. Tidak istimewakan para caleg

RSJ Amino Semarang Sisakan 100 Bangsal untuk Tampung Pasien Pasca Pemilu 2024KPU RI menggelar simulasi pengiriman logistik Pemilu 2024 di Kantor KPU Kabupaten Bogor, Cibinong, Jawa Barat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Alek berkata pasien yang bisa ditampung di rumah sakitnya tak cuma dari kalangan para caleg saja. Melainkan juga bisa dari kalangan masyarakat umum lainnya.

Jika dikaitan dengan prosentase jumlah caleg dengan kapasitas bangsal rumah sakitnya, Alek berkata sebenarnya masih relatif memadai. 

Namun ia menekankan keberadaan para caleg bukanlah sosok yah istimewa. Sehingga mereka tidak menjadi hal yang fenomenal. 

"Jadi kalau dihitung dari calegnya jumlahnya berapa kan gak signifikan. Kalau itu kan fenomena biasa saja. Jadi sebenarnya gak ada hal yang istimewa. Dan kita siap dalam kapasitas menerima dari masyarakat manapun," tuturnya. 

2. RSJ Amino punya 200 perawat dan 11 dokter jiwa

RSJ Amino Semarang Sisakan 100 Bangsal untuk Tampung Pasien Pasca Pemilu 2024Ilustrasi perawat. IDN Times/Wira Sanjiwani

Lebih lanjut, Alek juga menyampaikan bila di RSJ Amino Gondohutomo, setiap bangsal memiliki fasilitas 10-20 kamar tidur. Sementara untuk jumlah dokter spesialis kejiwaannya sebanyak 11 orang. 

Di samping itu, rumah sakitnya juga masih memiliki enak psikolog dan 200 perawat yang standby saban hari.

"Kita ada 11 dokter jiwa dan enam psikolog. Perawatnya ada 200 orang. Dari masing-masing bangsal, fasilitas kasurnya tentu bervariasi. Ya antara 10-20 kasur," akunya. 

3. Ada potensi caleg pura-pura gila karena uangnya habis

RSJ Amino Semarang Sisakan 100 Bangsal untuk Tampung Pasien Pasca Pemilu 2024Ilustrasi depresi (IDN Times/Istimewa)

Alek berkata keberadaan para caleg yang dirawat pasca Pemilu berdasarkan tahun lalu tidak ada sama sekali. 

Para caleg yang berpotensi terindikasi depresi, katanya kemungkinan karena memiliki perilaku yang dimanipulasi karena kehabisan uang pasca Pemilu. 

"Berdasarkan pemilu kemarin hampir gak ada caleg yang masuk ke RSJ Amino. Kalau kaitan dengan gagal nyalon itu mungkin karena pura-pura gila karena uangnya habis. Tapi kami belum mendapat laporan ada caleg gagal yang dirawat. Belum pernah yang perlu rawat inap," kata Alek. 

Baca Juga: Sah! Jumlah Caleg DPRD Provinsi Jateng yang Lolos DCT Tembus 1.473 Orang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya