Sambangi Demak, Gerindra Janji Prabowo-Gibran Lakukan Pembangunan Pro Lingkungan

Gerindra gelar konsolidasi di Demak

Demak, IDN Times - Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono mengaku prihatin dengan banjir rob yang melanda pesisir Demak, Jawa Tengah. Pasalnya, sampai sekarang dilaporkan banjir rob telah berdampak pada 23 desa, 157 fasilitas umum, 6.088 hektare lahan pertanian, dan 44.884 jiwa. 

"Krisis ekologi ini sudah terjadi sekian lama dan memberikan dampak langsung kepada puluhan ribu masyarakat Demak. Warga kehilangan rumah, lahan pertanian hilang, anak-anak tidak bisa pergi sekolah. Ini sangat memprihatinkan," kata Sudaryono dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Gerindra Sebut Prabowo-Gibran Tawarkan Peningkatan Lumbung Pangan Desa

1. Banjir Demak akibat pembangunan tidak perhatikan dampak jangka panjang

Sambangi Demak, Gerindra Janji Prabowo-Gibran Lakukan Pembangunan Pro LingkunganKetua Gerindra Jateng Sudaryono. (IDN Times/Dok Humas Gerindra Jateng)

Ia yang datang dalam acara konsolidasi dengan ribuan kader Gerindra Kabupaten Demak berkata, banjir rob wilayah Demak akibat dari kebijakan pembangunan yang tidak memperhatikan dampak lingkungan jangka panjang. 

Terutama akibat penambangan pasir laut, reklamasi, hingga pengambilan air tanah secara berlebihan. 

2. Janjikan cegah krisis ekologi

Sambangi Demak, Gerindra Janji Prabowo-Gibran Lakukan Pembangunan Pro LingkunganIlustrasi korban banjir (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sudaryono memastikan, saat pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangi Pilpres 2024, keduanya akan mengusung kebijakan pembangunan yang selaras dengan lingkungan dan alam. 

"Saat Pak Prabowo dan Mas Gibran dilantik menjadi presiden dan waki presiden di 2024 nanti, saya pastikan beliau akan mengedepankan pembangunan yang pro lingkungan. Seperti tertulis dalam Misi Asta Cita, pembangunan harus harmonis dengan lingkungan dan alam. Sehingga krisis ekologi seperti yang melanda pesisir pantai Demak ini bisa kita cegah," ungkap Sudaryono. 

3. Kader Gerindra diminta tawarkan solusi

Sambangi Demak, Gerindra Janji Prabowo-Gibran Lakukan Pembangunan Pro LingkunganKonsolidasi kader Gerindra Kabupaten Demak. (IDN Times/Dok Gerindra Jateng)

Dalam kesempatan itu, Sudaryono menyerukan kepada kadernya di Demak untuk ambil bagian dalam upaya memberikan solusi bagi masyarakat yang terdampak bencana ekologi atau banjir rob tersebut. 

"Sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran dan keberpihakan Partai Gerindra, kehadiran dan keberpihakan Pak Prabowo Subianto dan Mas Gibran kepada masyarakat Demak," paparnya. 

Baca Juga: Gerindra Jateng Klaim Prabowo-Gibran Akan Jalankan Dana Abadi Pesantren

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya