Comscore Tracker

SNMPTN, 1.750 Millennial Daftar Fakultas Psikologi Undip, Favorit!   

Ada delapan jurusan favorit di Undip, mana aja?

Semarang, IDN Times - Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang diwarnai dengan munculnya sejumlah jurusan favorit di kampus negeri tersebut.

1. Muncul delapan jurusan favorit di Undip

SNMPTN, 1.750 Millennial Daftar Fakultas Psikologi Undip, Favorit!   psikologimania

Berdasarkan penuturan Dr Setia Budi Sasongko, DEA, Ketua LP2MP Undip, saat ini terdapat delapan jurusan yang dibidik oleh calon mahasiswa baru selama tahapan SNMPTN berlangsung.


Kedelapan jurusan yang ia maksud antara lain Kedokteran, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Hukum, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Keperawatan, Administrasi Bisnis dan Informatika.


"Dan dari sekian banyak jurusan yang favorit, ternyata ada 1.750 pendaftar yang tertarik mengambil jurusan Psikologi. Ini jadi suatu kejutan sehingga pada SNMPTN tahun ini ada perubahan peta fakultas atau jurusan favorit di Undip," ujar Setia, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: 125 Ribu Lebih Data Mahasiswa Aktif dan Alumni Undip Semarang Bocor

2. Jurusan Psikologi bersaing ketat dengan Kedokteran

SNMPTN, 1.750 Millennial Daftar Fakultas Psikologi Undip, Favorit!   undip.ac.id

Lebih lanjut, Setia menuturkan para calon mahasiswa baru menganggap dengan perubahan zaman yang serba cepat, Jurusan Psikologi bisa memberikan peluang pekerjaan pada masa mendatang.


Tak cuma itu saja, katanya Kedokteran juga tetap menjadi favorit di Undip lantaran tingginya animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Fakultas Kedokteran.


"Memang pendaftar SNMPTN Undip banyak yang memilih Psikologi, urutan kedua pendaftar memilih ke Jurusan Kedokteran. Sebab, di tahun-tahun sebelumnya animo pendaftarnya cukup tinggi. Cuma daya tampungnya yang kecil. Nah, tahun ini pendaftarnya di Kedokteran tetap banyak," bebernya.

 

3. Undip buka kuota SNMPTN 2021 sebesar 20 persen

SNMPTN, 1.750 Millennial Daftar Fakultas Psikologi Undip, Favorit!   ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Lebih jauh lagi, kampusnya secara keseluruhan memiliki kuota untuk SNMPTN 2021 sebesar 20 persen, SBMPTN sebesar 30 persen serta kuota seleksi mandiri sebesar 50 persen.


Ia mengimbau kepada calon mahasiswa baru yang tidak diterima di tahapan SNMPTN agar tak perlu berkecil hati. Sebab, kampusnya masih membhka peluang untuk penerimaan jalur mandiri dan SBMPTN.


"Maka dari itu, calon mahasiswa mesti semangat, tetap mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi dengan mematuhi standar protokol kesehatan," terangnya.

4. Undip klaim ada 26.408 mahasiswa baru yang diterima tahun ini

SNMPTN, 1.750 Millennial Daftar Fakultas Psikologi Undip, Favorit!   um.undip.ac.id

Sementara itu, Wakil Rektor Akademik Kemahasiswan Prof Budi Setiyono menyatakan Undip tahun ini menerima total 26.408 calon mahasiswa baru. Namun yang diterima sebanyak 2.106 atau perbandingannya 1 : 12,5. 


Ia mengklaim dengan banyaknya calon pendaftar menunjukkan kampusnya tetap perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tidak hanya memiliki kampus yang megah dan luas berfasilitas memadai, kampusnya juga memiliki tenaga pengajar yang berkualitas. 


"Undip terus melakukan langkah-langkah strategis untuk mencapai visi Undip menjadi universitas riset yang unggul, serta menjadi universitas berkelas dunia yang bereputasi internasional," pungkasnya.

Baca Juga: Dua Kapal COVID-19 Buatan Undip Raih Juara KKCTBN 2020

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya