Comscore Tracker

Tangkap Iguana Pakai Protokol COVID-19, Ini Alasan Petugas Damkar   

Petugas hanya dibekali latihan via YouTube

Semarang, IDN Times - Seekor iguana jantan yang terlepas dari kandangnya, berhasil dievakuasi oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). Iguana yang panjangnya 1 meter itu berhasil ditangkap saat berada diatas pohon mangga setinggi lima meter. 

1. Awalnya si pemilik bingung lihat iguana piaraannya naik ke pohon mangga

Tangkap Iguana Pakai Protokol COVID-19, Ini Alasan Petugas Damkar   Seekor iguana yang lepas dari kandangnya ditemukan di pohon mangga. Dok Damkar Kota Semarang

Agus Winarno, Koordinator Pleton 4 Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang mengaku awalnya dirinya mendapat laporan dari seorang warga Jalan Jatisari Indah Blok D 1 Nomor 11 Mijen karena panik iguana piaraannya terlepas dari kandangnya, pada Senin (8/6) sekitar pukul 15.00 WIB sore. 

Ketika kejadian, si pemilik kebingungan mencari iguana yang terlepas dari kandangnya. 

"Kadang kalau lepas terus lari ke pohon kelapa, biasanya balik sendiri. Tapi kemarin itu pas didiamkan, iguananya malah merambat ke pohon mangga, pemiliknya jadi kebingungan. Ketika tahu ada informasi kita sering memberi pertolongan tidak hanya pada manusia tapi juga hewan, si pemiliknya mengontak kami," ujarnya kepada IDN Times, Selasa (9/6). 

Baca Juga: Kesulitan APD, Damkar Pekalongan Pakai Jas Hujan Semprot Disinfektan 

2. Satu pleton animal rescue diterjunkan pakai protokol COVID-19

Tangkap Iguana Pakai Protokol COVID-19, Ini Alasan Petugas Damkar   Penyemprotan desinfektan oleh Damkar di daerah Gunungayar Surabaya, Senin (23/3). IDN Times/Faiz Nashrillah

Dari pengakuan pemiliknya, katanya iguana itu dipelihara sejak masih kecil. "Jadi dia pikir eman-eman kalau piarannya hilang," imbuhnya. Saat itu, pihaknya langsung menerjunkan satu pleton animal rescue untuk mendatangi lokasi.

Ia bilang proses evakuasi dilakukan para personelnya dengan protokol kesehatan sesuai aturan COVID-19. Setiap personel sudah diminta memakai sarung tangan, helm dan baju pelindung.

Untuk peralatan pendukungnya, personel Damkar juga memakai tangga untuk membawa turun iguana tersebut. 

"Kita sejak ada virus Corona, sudahw diinstruksikan buat memakai APD lengkap untuk menjaga kesehatan. Termasuk kita pakai helm, sarung tangan, baju seragam dan juga tangga buat panjat pohon mangga," terangnya. 

3. Petugas Damkar: Kita belajar evakuasi hewan secara otodidak dari YouTube

Tangkap Iguana Pakai Protokol COVID-19, Ini Alasan Petugas Damkar   Seekor iguana saat dimasukan ke dalam kandang. Dok Damkar Kota Semarang

Selama Mei-awal Juni, sudah ada 10 hewan yang dievakuasi oleh Damkar. Agus dan rekan-rekannya selama ini paling banyak menangani sarang tawon dan ular yang masuk ke rumah warga. 

Meski begitu, diakuinya bahwa teknik evakuasi terhadap hewan hanya diperoleh dari otodidak. 

"Ada empat pleton yang ditugasi animal rescue. Tapi kita gak pernah dapat bekal keterampilan untuk menangani hewan. Saya latihan sendiri. Di kantor kan ada banyak ular Basil tangkapan kita. Nah, kita belajar tekniknya dari YouTube," akunya. 

Baca Juga: Water Canon dan Damkar Dikerahkan Semprot Disinfektan ke Jalanan Kudus

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya