Tiga Pendaki Ditemukan Linglung di Tebing Gunung Ungaran

Tiga pendaki ditemukan dalam keadaan lemas

Semarang, IDN Times - Upaya pencarian terhadap tiga pendaki yang raib di Gunung Ungaran, akhirnya membuahkan hasil. Pada hari ini, Sabtu (7/8/2021) jam 11.10 WIB ketiga pendaki tersebut berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. 

Tim SAR gabungan yang berjibaku menelusuri jalur pendakian di sekitar Sendang Suroloyo Gunung Ungaran menemukan keberadaan tiga pendaki dalam posisi lemas di pertigaan Sendang Seputon.

1. Tiga pendaki ditemukan lemas di dekat Sendang Seputon

Tiga Pendaki Ditemukan Linglung di Tebing Gunung UngaranTiga pendaki Gunung Ungaran ditemukan lemas di perengen Sendang Seputon. (Dok BPBD Kabupaten Semarang)

Tiga pendaki yang ditemukan itu atas nama Roni (40), Mindiyanah (37) serta Seto (50). Sebelumnya diberitakan, mereka kesasar saat menempuh perjalanan menuju Sendang Suroloyo. Ketiganya dinyatakan hilang sejak Kamis (5/8/2021) kemarin.

"Setelah dilakukan pencarian selama dua hari, kita hari ini berhasil menyelamatkan tiga survivor yang hilang di Gunung Ungaran. Mereka ditemukan di pertigaan Sendang Seputon dalam keaadan lemas," kata Heru Suhartanto, Kepala Kantor Pertolongan SAR Semarang dalam keterangan yang didapat IDN Times.

Baca Juga: Ritual Berusaha Ambil Bunga Mistis, 3 Pria Hilang di Gunung Ungaran

2. Evakuasi tiga pendaki butuh waktu dua jam lebih. Mereka akhirnya dibawa ke Nyatnyono

Tiga Pendaki Ditemukan Linglung di Tebing Gunung UngaranTiga pendaki dibawa ke Posko Nyatnyono Gunung Ungaran. (Dok Humas Kantor Pertolongan Semarang)

Heru mengungkapkan titik ketinggian pertigaan Sendang Seputon berada di lokasi 950 meter diatas permukaan laut. Ia berkata proses pertolongan dilakukan lebih dari dua jam lantaran lokasi kejadian berada di areal yang curam.

"Evakuasi lebih dari dua jam dengan membawa sampai Desa Ngipik. Jaraknya sekitar 8 kilometer. Ini kita masih lanjutkan perjalanan sampai ke posko Desa Nyatnyono Kabupaten Semarang," bebernya.

Dengan ditemukannya tiga pendaki tesrsebut, maka operasi pencarian dinyatakan selesai. Pihaknya memerintahkan kepada seluruh personelnya guna kembali kesatuannya masing- masing.

3. Tiga pendaki keadaannya linglung. Diduga diliputi gangguan gaib

Tiga Pendaki Ditemukan Linglung di Tebing Gunung UngaranTenda darurat dibangun untuk merawat sementara tiga pendaki di Gunung Ungaran. (Dok Humas Kantor Pertolongan Semarang)

Sedangkan, Heru Subroto, Kepala BPBD Kabupaten Semarang mengatakan kepada IDN Times, terdapat 12 regu penyelamat gabungan dengan kekuatan 280 personel yang berusaha mengevakuasi ketiga pendaki di lokasi tersebut.

Ia memastikan ketiga pendaki itu dalam keadaan linglung saat ditemukan di tebing yang curam. "Mereka sudah ketemu. Syukurlah masih selamat. Dia ditemukan diperengan gunung dalam kondisi bingung. Mungkin itu akibat faktor X atau ada gangguan gaib," tandasnya.

Baca Juga: Udara Bersih saat COVID-19, Kijang hingga Lutung Muncul di Gunung Ungaran

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya