Comscore Tracker

Tinggi Ombak Laut Jawa 4 Meter, Nelayan Pantura Diminta Setop Melaut

Ombak perairan Pantura Jawa Tengah mencapai 2,5-4 meter

Semarang, IDN Times - Para nelayan di pesisir Pantai Utara Jawa Tengah diminta segera menghentikan aktivitas melautnya menyusul naiknya gelombang Laut Jawa setinggi 2,5 meter hingga 4 meter. 

1. Para nelayan Pantura Jateng diminta menunda melaut sampai kondisi normal

Tinggi Ombak Laut Jawa 4 Meter, Nelayan Pantura Diminta Setop MelautANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Kepala Seksi Data dan Observasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Slamet Wiyono meminta sebaiknya para nelayan Pantura menahan diri terlebih dahulu sampai kondisi cuaca serta gelombang laut Jawa kembali normal. 

"Para nelayan kita minta menyesuaikan dengan kemampuan kapal ataupun menunda untuk tidak melaut dulu. Kalaupun melaut, harus tetap meningkatkan kewaspadaannya," ujar Slamet kepada IDN Times, Minggu (6/12/2020).

Baca Juga: Awasi Kapal Nelayan, Pelabuhan Ikan Pantura Jateng Dipasangi CCTV

2. Tinggi ombak perairan laut jawa di atas 2,5 meter

Tinggi Ombak Laut Jawa 4 Meter, Nelayan Pantura Diminta Setop Melauthttps://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fdananwahyu.com%2F2011%2F05%2F09%2Fapril-dan-karimunjawa%2F&psig=AOvVaw1zXxzhihm8Ccyo3EOH3WMg&ust=1594711916996000&source=images&cd=vfe&ved=0CAMQjB1qFwoTCNjv3InbyeoCFQAAAAAdAAAAABAI

Ia menyatakan peningkatan gelombang Laut Jawa disebabakan adanya pengaruh fenomena siklon tropis yang melanda perairan Indonesia saat ini. Menurutnya, untuk kondisi sekarang muncul kecepatan angin akibat pertumbuhan bibit siklon tropis dengan kode yang berada di Samudera Hindia sisi selatan wilayah Banten.

Informasi yang dihimpun dari laporan peringatan dini Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas, ketinggian gelombang kategori sedang sekitar 1,5-2,5 meter terjadi di perairan Kalimantan Tengah bagian Barat dan Perairan Jepara.

Untuk kecepatan arah angin secara umum dari barat menuju barat laut mencapai 10-20 knot.

Sedangkan peningkatan gelombang laut sekitar 2,5-4 meter melanda Laut Jawa bagian tengah, Perairan Karimunjawa, Perairan Pekalongan-Kendal, Perairan Semarang-Demak serta Perairan Pati-Rembang.

"Untuk besok (red: Senin (7/12/2020)), juga diperkirakan akan ada sedikit kenaikan tinggi gelombang yang bisa mencapai 1,5 meter hingga 3,0 meter. Kita sedang memantau aktivitas para nelayan di lokasi yang muncul ombak mencapai tiga meter," tuturnya. 

3. Nelayan dan kapal kargo diimbau menyesuaikan jadwal pelayarannya

Tinggi Ombak Laut Jawa 4 Meter, Nelayan Pantura Diminta Setop MelautANTARA FOTO/Septianda Perdana

Slamet menyarankan agar para nelayan dan kapal-kapal kargo bermuatan besar mewaspadai peningkatan gelombang Laut Jawa

"Nelayan perahu kecil dan kapala lainnya lebih baik berhati-hati. Caranya bisa menyesuaikan jadwal pelayaran dengan kondisi gelombang tersebut," tandasnya. 

Baca Juga: Waspada! Kawasan Pesisir Pantura Jawa Tengah Dilanda Rob Selama 2 Hari

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya