Walah! TPA Jatibarang Semarang Terbakar Seluas 6 Hektare

Damkar sedang berusaha jinakan api di TPA Jatibarang

Semarang, IDN Times - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang yang letaknya di Kelurahan Bambankerep Semarang mengalami kebakaran, Senin (18/9/2023). Kebakaran yang melanda salah satu TPA terbesar di Jawa Tengah itu terjadi sekitar jam 14.00 siang tadi.

Joko Hartono, Kasubag TU UPTD Jatibarang Semarang mengatakan kebakaran terjadi di beberapa titik pembuangan sampah.

Meski belum diketahui pemicu kebakaran, akan tetapi ia memperkirakan luasan lahan sampah yang terbakar mencapai enam hektare. 

"Ada satu, dua, ini sudah mengarah empat dan kalau dibiarkan bisa sampai enam, itunganya enam hektare," kata Joko saat dikontak IDN Times. 

Joko menjelaskan kebakaran yang melanda TPA Jatibarang tergolong luas karena titik api bermunculan dimana-mana. "Gede banget ini," ujarya. 

Soal apakah Damkar sudah tiba di lokasi kebakaran, Joko mengakui sudah ada empat truk pemadam yang berusaha melokalisir kebakaran. "Sudah ada regu Damkar empat," katanya. 

Sedangkan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang yang dikonfirmasi IDN Times membenarkan adanya kebakaran di TPA Jatibarang. 

Tim Damkar yang bergerak ke lokasi TPA dari regu Danton 3. Nur Kholis, Kepala Damkar Kota Semarang total sampai jam 15.30 WIB sudah ada tujuh truk pemadam yang bergerak ke lokasi kejadian. 

Truk pemadam juga dibantu truk tangki dari BSI, PDAM, BSB, DPU Kota Semarang. "Tadinya ada empat truk yang bergerak. Tapi ditambah tiga. Jadinya tujuh truk sudah dikerahkan ke lokasi TPA. Ada bantuan tangki tambahan dari BSI, BSB, DPU dan PDAM," terangnya. 

Sampai sekarang ia tak bisa menyebut seberapa parah kebakaran di TPA Jatibarang. Karena tim Damkar sedang berusaha menangani kobaran api yang membakar lokasi sampah di TPA Jatibarang. 

"Nanti saya beri keterangan lagi. Sedang beri arahan ke personel," tandasnya.

Baca Juga: Duh! Mesin PLTSa TPA Jatibarang Semarang Mati Setahun, Ini Pemicunya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya