Wisata Semarang Lawang Sewu dan Museum KA Lockdown! Kurangi Kerumunan

Untuk tindaklanjuti imbauan gubernur

Semarang, IDN Times - Merebaknya virus Corona atau COVID-19 di Jawa Tengah telah berdampak terhadap aktivitas sejumlah obyek wisata setempat. Termasuk Gedung Lawang Sewu dan Museum Kereta Api Ambarawa. Kedua obyek wisata itu untuk sementara ditutup demi mengurangi risiko penularan wabah virus Corona di tengah kerumunan warga.

1. Kunjungan wisatawan di Lawang Sewu berhenti total

Wisata Semarang Lawang Sewu dan Museum KA Lockdown! Kurangi KerumunanGedung Lawang Sewu Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Manajer Historical Building and Museum, PT KA Wisata, Trisna Cahyani mengatakan dengan adanya penutupan tersebut, maka aktivitas kunjungan wisatawan saat ini dipastikan berhenti total.

"Kita tetapkan status lockdown bagi dua obyek wisata yang kami kelola saat ini yaitu Lawang Sewu dan Museum Kereta Api di Ambarawa mulai hari ini. Semua aktivitas di dua tempat itu ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan," kata Trisna kepada IDN Times.

Baca Juga: Tak Cuma Lawang Sewu, Ini Tempat Horor yang Tersembunyi di Semarang

2. PT KAI tindaklanjuti imbauan dari Gubernur Jateng

Wisata Semarang Lawang Sewu dan Museum KA Lockdown! Kurangi KerumunanSurat Edaran Gubernur Jawa Tengah. Istimewa

Trisna bilang Lawang Sewu dan Museum KA terpaksa ditutup dulu untuk menindaklanjuti imbauan dari Gubernur Jawa Tengah terkait meminimalisir kerumunan warga.

Pihaknya menekankan papan pengumuman penutupan sudah dipasang di gerbang Lawang Sewu. Pun demikian dengan Museum KA saat ini penutupan juga telah disosialisasikan kepada pengunjung setempat.

"Apalagi kan perlengkapan pelindung diri yang kita miliki masih belum bisa memenuhi ketentuan yang diatur oleh pemerintah. Soalnya alat cairan antiseptik sekarang sudah didapat, masker juga langka. Makanya kita hanya bisa melakukan upaya ini untuk mencegah penularan Coronavirus," akunya.

Di Lawang Sewu sendiri, kata tingkat kunjungan wisatawannya belakangan ini cukup tinggi. Ia menyebut selama Februari 2020 kemarin terdapat 94 ribu wisatawan yang mengunjungi Lawang Sewu. Jumlahnya naik 20 persen ketimbang bulan yang sama pada tahun 2019.

"Kunjungan turisnya sekarang memang lagi tinggi-tingginya. Soalnya Januari kemarin juga ada long weekend. Di Museum KA kondisinya kurang lebih hampir sama," ujar Trisna.

3. Sejumlah pengunjung di Lawang Sewu kecele

Wisata Semarang Lawang Sewu dan Museum KA Lockdown! Kurangi Kerumunaninstagram.com/discloure_

Sedangkan, dengan ditutupnya Gedung Lawang Sewu membuat sejumlah wisatawan kecele. Marita salah satunya. Ia yang datang dari Yogyakarta sebenarnya punya rencana untuk jalan-jalan ke bangunan bersejarah tersebut.

"Tapi ternyata saya baru tahu kalau hari ini Lawang Sewu ditutup. Ya apa boleh buat. Paling nanti mau cari tempat nongkrong lainnya aja," katanya.

Baca Juga: Virus Corona, Liga 2 Ditunda, Latihan Pemain Persijap Jepara Libur

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya