WNI Asal Semarang yang Tewas Tertembak di Texas Bukan Pekerja Migran

Disnaker siap bantu urus kepulangan jenazah ke Semarang

Semarang, IDN Times - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Jawa Tengah memastikan Novita Kurnia Putri, seorang WNI yang meninggal dunia akibat tertembak di rumahnya Texas Amerika Serikat, bukan seorang pekerja migran. 

Meski begitu, pihak BP2MI masih menelusuri status alamat Novita yang dikabarkan merupakan WNI asal Semarang. 

1. BP2MI tunggu informasi lanjutan

WNI Asal Semarang yang Tewas Tertembak di Texas Bukan Pekerja MigranIlustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Rondi, Sub Koordinator Perlindungan dan Pemberdayaan BP3MI Jateng mengatakan masih menunggu kabar resmi dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mengenai apakah Novita benar-benar WNI yang beralamat di Semarang atau tidak. 

"Kemenlu dan Kemenaker belum ada informasi lanjutan. Itu kejadiannya kan di Texas. Nah, seperti apa statusnya kan belum jelas. Ini sedang kami cari alamat lengkapnya. Saya masih menelusuri," kata Rondi kepada IDN Times via telepon, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: WNI di Texas Tewas Usai Diberondong Peluru Nyasar 

2. Alamat Novita masih ditelusuri

WNI Asal Semarang yang Tewas Tertembak di Texas Bukan Pekerja Migran(Ilustrasi ditembak) IDN Times/Sukma Shakti

Pihaknya saat ini sedang menelusuri alamat Novita di Semarang. Ketika dikonfirmasi ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang, katanya juga belum mengetahui secara pasti. 

"Disnaker kota juga belum tahu. Kalau alamatnya jelas kita akan meluncur ke situ. Sekarang informasi lebih lanjut sedang kita gali," terangnya. 

3. Novita bukan seorang pekerja migran

WNI Asal Semarang yang Tewas Tertembak di Texas Bukan Pekerja MigranIlustrasi - Sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia mengantre saat tiba di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (9/4)(ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Lebih lanjut, pihaknya telah mengkroscek ulang data pekerja migran yang bekerja di Amerika Serikat.

Hasil sinkronisasi data yang ia lakukan, nama Novita yang meninggal karena tertembak di Texas tidak tercatat pada daftar Sisko BP2MI. 

"Hasil penelusuran kami bahwa Novita Kurnia Putri tidak tercatat pada Sisko-BP2MI. Sehingga patut diduga bukan sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Untuk informasi dari KJRI Houston yang bersangkutan bersuamikan WN Amerika," jelasnya. 

4. Disnaker siap bantu urus pemulangan jenazah Novita

WNI Asal Semarang yang Tewas Tertembak di Texas Bukan Pekerja MigranIDN Times/Mardya Shakti

Terpisah, Sutrisno, Kepala Disnaker Kota Semarang mengaku masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat jika memang jenazah Novita akan dipulangkan ke Semarang. 

Pihak yang berwenang mengurus pemulangan jenazah Novita maupun validasi data alamatnya ialah Disnakertrans Jateng.

"Kita masih sebatas koordinasi dengan Disnakertrans Jateng. Mengenai hal lain-lainnya yang berwenang pusat, kalau (jenazah) sudah di Indonesia, baru kami ikut bergerak," terangnya. 

Sementara, Kepala Disnakertrans Jateng, Sakina Rosellasari menambahkan kepastian kabar bahwa Novita merupakan warga Semarang, sampai saat ini masih ditindaklanjuti. "Kita belum tahu banyak, yang terinfo bukan Pekerja Migran Indonesia. Jadi tidak terdata di BP2MI," paparnya. 

Baca Juga: Keluarga Proses Jenazah WNI Korban Penembakan di AS Pulang ke Semarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya