Ada Diskon Tiket Mudik Lebaran Kapal Laut sampai 20 Persen, Mau?

Khusus untuk pemberakatan H-30 sebelum lebaran ya, guys

Surakarta, IDN Times - Mengantisipasi adanya penumpukan penumpang saat mudik Lebaran 2023, PT Dharma Lautan Utama (DLU) memberikan diskon tiket lebaran hingga 20 persen.

1. Hanya untuk pemberangkatan sebelum H-30 Lebaran

Ada Diskon Tiket Mudik Lebaran Kapal Laut sampai 20 Persen, Mau?Para penumpang baru keluar dari kapal motor penyeberangan di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Direktur Utama (Dirut) PT Dharma Lautan Utama, Erwin H Poedjono mengatakan, diskon diberikan untuk mengakomodir kenyamanan penumpang dan pemerataan penumpang. Diskon tersebut mulai H-30 hingga H-7 sebelum Lebaran.

"Kita membuat program agar mudik itu tidak menumpuk pada waktu tertentu, sehingga kita membuat program juga bagaimana masyarakat bisa mudik secara merata atau lebih merata. Jadi dari yang kita bahas kalau memang masyarakat itu melakukan mudik lebih awal dari waktu mudik normal mendapatkan diskon," katanya saat ditemui di sela-sela rapat koordinasi angkutan logistik menjelang Lebaran, angkutan liburan sekolah, dan Lebaran tahun 2023, di Hotel Novotel Solo, Selasa (28/1/2023).

Diskon tersebut, imbuhnya, bervariasi tergantung waktunya. Seperti mulai H-7, H-15, H-30 dan juga H+7, H-15, H+30.

"Diskon dari 10 sampai 20 persen dari harga tiket," imbuhnya.

Baca Juga: 7 Tips Perawatan Motor Setelah Mudik Lebaran, Biar Performa Prima

2. Prediksi kenaikan jumlah penumpang mencapai 10 persen

Ada Diskon Tiket Mudik Lebaran Kapal Laut sampai 20 Persen, Mau?Pelabuhan Penyeberangan Ketapang. (dok. PT ASDP Indonesia Ferry)

Lebih lanjut, pihaknya memprediksi adanya kenaikan angkutan lebaran sekitar 10 persen. Angka tersebut dinilai sama dengan kenaikan tahun 2022 lalu.

"Justru dengan tahun 2022 kita prediksi kurang lebih sama hanya beda bulan. Kalau tahun 2023 ini kan bulan Juni-nya di akhir ada liburan sekolah jadi itu yang kami antisipasi," ungkapnya.

Erwin mengungkapkan rute tujuan mudik dinilai merata mulai dari Jawa dan Kalimantan serta pulau-pulau lain seperti Sulawesi dan Sumatra. PT DLU menyiapkan 45 armada kapal untuk arus mudik Lebaran tahun 2023.

3. Pastikan kenaikan tiket jelang lebaran tak mahal

Ada Diskon Tiket Mudik Lebaran Kapal Laut sampai 20 Persen, Mau?Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Penasehat Utama PT DLU Bambang Harjo Soekartono mengatakan, jika rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk melakukan kesiapan dan antisipasi angkutan menjelang lebaran dan setelah lebaran. Antara lain antisipasi dengan armada dan sumber daya manusia yang nantinya akan bertugas melayani penumpang selama masa Lebaran 2023.

"Bahwa 30 hari sampai dengan hari H itu tidak di diskon tapi agak lebih mahal, biasanya di transportasi biasanya dua kali atau tiga kali lipat tapi kita tidak. Kita hanya lebih mahalkan supaya ada terdistribusi itu menuju satu bulan atau 1 setengah bulan sebelumnya," ucapnya.

Bambang mengatakan, menjelang hari Lebaran, kenaikan harga tiket bisa mencapai sekitar 20-30 persen.

"Pada saat mendekat hari H itu agak lebih mahal hanya kira-kira antara 20 persen juga sampai dengan 30 persen. Jadi pengguna bisa mengatur kalau seumpama terangkut," pungkasnya.

Baca Juga: Bulog Jateng Siapkan 1 Juta Liter Minyakita untuk Puasa dan Lebaran

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya