Ajinomoto Tepis Stigma Micin Bikin Bodoh

Ternyata ini kandungan gizi nya.

Surakarta, IDN Times - Stigma masyarakat soal micin membuat bodoh di masyarakat ternyata masih dianggap serius oleh masyarakat. Masyarakat masih banyak mempercayai mengkonsumsi micin dalam jumlah yang banyak bakal membuat bodoh.  

Buktinya, stigma tersebut ternyata salah kaprah dan hanya mitos belaka.

1. Micin bikin bodoh hanya mitos.

Ajinomoto Tepis Stigma Micin Bikin BodohHellosehat

Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia, Grant Senjaya menegaskan jika pemahaman miring terhadap micin tersebut salah besar dan hanya mitos saja.

Ia mengatakan jika micin atau disebut dengan MSG justru membantu penggunaan garam dan sudah dinyatakan aman oleh BPOM dan Badan Kesehatan Dunia. Dimana MSG aman dikonsumsi karena dibuat dari bahan alami.

"Nah, Ajinomoto menggiatkan gerakan diet garam melalui kampanye bijak garam," ujarnya.

2. Bantu kampanyekan Bijak Garam.

Ajinomoto Tepis Stigma Micin Bikin BodohProduk Ajinomoto. (IDN Times/Larasati Rey)

Grant mengatakan pengunaan MSG membantu konsep kampanye Bijak Garam digencarkan sebagai salah satu upaya meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat.

Bijak Garam adalah kampanye Ajinomoto untuk menyosialisasikan upaya untuk mengurangi garam. Namun tetap mempertahankan kelezatan makanan.

Konsep ini memungkinkan masyarakat mengurangi asupan garam yang bisa berdampak pada kesehatan. Garam diganti dengan MSG atau akrab disebut dengan micin.

"Saat memasak sebuah menu makanan diperlukan misalnya saja dua takaran garam. Entah itu dua sendok teh atau dua sendok makan untuk masakan dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan MSG, bisa gunakan satu takaran garam dan setengah MSG. Itu asupan sodium berkurang sekitar 30 persen. Tapi dengan rasa yang lebih enak," bebernya.

3. Miliki rasa yang gurih.

Ajinomoto Tepis Stigma Micin Bikin Bodohidealnutrition.com.au

Grant mengatakan jika MSG memiliki rasa umami atau semacam rasa gurih.
Mengkonsumsi MSG bisa membantu program diet garam menjadi penting.

Sebab berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sebesar 50 persen orang Indonesia kelebihan garam.

Sementara itu, 23,7 persen hingga 36,9 persen penyebab kematian tertinggi di Indonesia disebabkan oleh hipertensi dan serangan jantung.

"Kondisi ini lantaran asupan makanan yang tidak sehat dan konsumsi garam yang terlalu tinggi," katanya.

4. Mampu menurunkan nafsu makan.

Ajinomoto Tepis Stigma Micin Bikin BodohProduk Ajinomoto berkemasan paper pax. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Granr mengatakan jika pada Elderly Project yang dilakukan bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) di dua panti jompo di Jogja, menunjukkan bahwa penggunaan MSG menghasilkan hasil positif dari konsep bijak garam tersebut. Dimana mampu menurunkan tekanan darah dan nafsu makan semakin meningkat, masa otot bertambah, lebih segar, dan mau berinteraksi sesama lansia, semakin bahagia dan sehat.

"Ini ada penelitian yang dilakukan UGM," imbuhnya.

Selain insiatif kesehatan tersebut, Ajinomoto juga berkomitmen untuk terus menjaga keasrian lingkungan melalui beberapa inisiatif lingkungan. Salah satunya dengan penggunaan paper pax pada kemasan Ajinomoto terbaru.

"Ada tiga konsep ramah lingkungan yang kita terapkan yakni penggunaan paper pax, menghilangkan inner plastik di produk Masako, dan bekerja sama dengan startup daur ulang sampah," pungkasnya.

Visi tersebut untuk meningkatkan harapan hidup sehat 1 miliar orang di seluruh dunia dan membantu mengurangi dampak lingkungan hingga 50 persen di 2030.

 

Baca Juga: 11 Penyedap Alami Pengganti Micin, Bikin Masakan Jadi Gurih dan Umami

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya