700 Chef Datangi FB&C Festival 2022, Termasuk Alumni MasterChef

Ada pameran, workshop, dan lomba memasak

Karanganyar, IDN Times - Solo Food, Beverage, and Chef Festival (FB&C) edisi kedua diadakan lagi di Jawa Tengah. Acara pameran FB&C yang digelar pada 14--16 Oktober 2022 di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah itu akan mendatangkan ratusan chef atau koki dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Memperkuat industri makanan, minuman, dan horeca

700 Chef Datangi FB&C Festival 2022, Termasuk Alumni MasterChefSolo FB&C di Alana Hotel, Karanganyar. (IDN Times/ Larasati Rey)

Project Manager PT Wahana Kemalaniaga Makmur selaku penyelenggara pameran, Carolyn Khoe mengatakan, pameran FB&C diadakan selama 3 hari dengan jumlah peserta pameran sekitar 50--60 peserta dari seluruh Indonesia. Adapun, target pengujung mencapai 8.000--10.000 orang.

"Ini kan pameran terbesar di Jawa Tengah yang bertujuan untuk memperkuat industri makanan, minuman, serta horeka (hotel, restoran, dan kafe) di Jawa Tengah," katanya dalam jumpa pers di Hotel Alana Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/8/2022).

Dengan pameran sekaligus workshop, Carolyn mematok jumlah transaksi mencapai Rp25 miliar.

"Tahun lalu, jumlah transaksi sekitar Rp10 miliar. Tapi hingga kini masih terus berlanjut. Tahun ini kurang lebih menargetkan Rp25 miliar untuk peserta FB&C," ucapnya.

Ia menyatakan, bisnis makanan, minuman, dan horeka di Jateng tengah naik daun. Dengan pameran tersebut, diharapkan para pelaku di bidang tersebut dapat memenuhi kebutuhan bisnis mereka di acara itu.

Baca Juga: Kehabisan? 1.000 Tiket Konser Dream Theater Siap Dijual On The Spot

2. Chef ternama di Indonesia akan datang

700 Chef Datangi FB&C Festival 2022, Termasuk Alumni MasterChefChef Chandra Yudasswara di Seribu Rasa Menteng, Jakarta Pusat (instagram.com/seriburasa_id)

President Indonesian Chef Association (ICA), Chef Susanto menjelaskan, pameran FB&C merupakan ajang yang tepat bagi para pelaku bisnis khususnya di Jawa Tengah untuk mempromosikan produknya secara maksimal ke berbagai target konsumen yang akan hadir. Tak hanya itu, pameran tersebut sekaligus untuk mengedukasi dan memberikan pengalaman di bidang kuliner kepada masyarakat.

"Diharapkan para produsen pendukung industri dapat ikut mendukung pertumbuhan tersebut dengan terus menciptakan berbagai produk yang berkualitas, efisien, dan kelas dunia," ucapnya.

Selama acara, sejumlah selebritas chef dijadwalkan akan datanjg. Di antaranya Chef Chandra Yudasswara, Chef Yongki Gunawan, Chef Axhiang yang merupakan alumni MasterChef Indonesia.

3. Akan ada banyak lomba dan kegiatan kuliner

700 Chef Datangi FB&C Festival 2022, Termasuk Alumni MasterChefJumpa pers Solo FB&C di Alana Hotel, Karanganyar. (IDN Times/ Larasati Rey)

Sementara itu, Ketua panitia FB&C, Chef Brian Wicaksono mengaku, selain pameran dan workshop, juga terdapat perlombaan yang bisa diikuti baik untuk para chef profesional maupun masyarakat umum. Lomba tersebut di antaranya black box competition, red meat cooking competition, cake decoration, hingga fruits and vagetables carving.

"Selain edukasi dan cooking demo, tentunya akan ada beberapa kompetisi yang akan dihadirkan selama pameran berlangsung," jelasnya.

Brian memperkirakan, ada 700-an chef dari berbagai daerah yang akan hadir dalam pameran tersebut. Menurutnya, FB&C sendiri pameran tersebut merupakan ajang silaturahmi para chef di Indonesia.

Baca Juga: Solo Keroncong Festival Wujud Pengembangan Kearifan Lokal di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya