Dibakar! Pembunuhan Wanita di Sukoharjo Direncanakan Sehari Sebelumnya

Dipukul pakai 7 kali pakai linggis

Sukoharjo, IDN Times - Pembunuhan wanita yang dibakar di dalam mobil Yulia (42) warga Selogiri, Wonogiri yang dihabisi oleh rekan bisnisnya Eko Prasetyo (30) warga Bendosari, Sukoharjo akhirnya terungkap.

Sebelum dibakar, Yulia sempat dipukul menggunakan linggis sebanyak tujuh kali di kepala. Pemukulan dilakukan di kandang ayam milik pelaku yang hanya berjarak 500 meter dari rumahnya.

Baca Juga: Petunjuk di TKP Mayat Wanita Terbakar Sukoharjo, Ada Bekas Selotip di Tangan dan Luka di Dahi

1. Direncanakan H-1 sebelum eksekusi

Dibakar! Pembunuhan Wanita di Sukoharjo Direncanakan Sehari SebelumnyaPra-rekonstruksi pembunuhan wanita di bakar di dalam mobil di Sukoharjo, Jawa Tengah. Istimewa

Pembunuhan Yulia ternyata telah direncanakan oleh Eko Prasetyo H-1 sebelum eksekusi pembunuhan dilakukan. Pembunuhan berencana tersebut dilakukan di kandang ayam dekat rumah Eko di Dukuh Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan Eko menyerang Yulia saat mengunjungi kandang ayam milik Eko. Saat hendak kembali ke mobil, tiba-tiba Eko menyerang Yulia dengan cara memukul kepala Yulia dengan menggunakan linggis sebanyak tujuh kali. Akibat pukulan tersebut, Yulia meregang nyawa di lokasi tersebut.

2. Sempat pulang dan pasang wifi

Dibakar! Pembunuhan Wanita di Sukoharjo Direncanakan Sehari SebelumnyaBarang bukti pembunuhan wanita dibakar di dalam mobil di Sukoharjo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Usai membunuh Yulia pada sore hari, Eko meninggalkan jasad Yulia di dalam mobil Daihatsu Xenia di area kandang ayam, kemudian ia pulang ke rumah untuk mandi dan menganti baju. Bahkan, ia sempat memasang jaringan internet di rumah tetangganya yang tak jauh dari rumahnya.

"Eko sempat pulang ke rumah, mandi dan ganti baju yang banyak bercak darah. Eko juga masih aktivitas biasa pasang jaringan internet," ujar Bambang, Rabu (27/10/20).

Eko kemudian kedapatan kembali lagi ke area kandang ayam sekitar pukul 21.00 WIB untuk membakar korban. Ia membawa jeriken bensin yang biasanya digunakan untuk mesin penggilingan padi.

"Pelaku mengambil bensin pakai jeriken yang biasa ia pakai untuk mesin selepan (penggilingan padi.red). Kemudian jeriken ia bawa ke kandang ayam untuk membakar korban," jelasnya.

3. Usai membakar Yulia, Eko pulang dijemput temannya

Dibakar! Pembunuhan Wanita di Sukoharjo Direncanakan Sehari SebelumnyaBarang bukti motor dalam pembunuhan wanita dibakar di dalam mobil di Sukoharjo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Eko kemudian membawa mobil serta jasad Yulia untuk dibakar. Pelaku memarkirkan mobil di halaman Toko Bangunanan Mekar Jaya, kemudian ia menyiramkan bensin dan membakarnya.

Usai membakar jasad Yulia, Eko kemudia berjalan menuju ke bank BRI yang tak jau dari lokasi kejadian. Pelaku kemudian dijemput oleh karyawannya yakni saksi S untuk kembali pulang.

"Saksi hanya menjemput saja, tidak tahu soal kebakaran," terang Bambang.

Dalam pra-rekonstrusi kasus pembunuhan wanita yang di bakar dalam mobil Daihatsu Xenia nopol 1526 EA sekitar pukul 22.15 WIB tersebut rencananya akan kembali digelar rekorntruksi bersama Jaksa yang akan dilaksanakan Minggu depan.

Baca Juga: Pelaku Pembakar Wanita Dalam Mobil di Sukoharjo Habisi Korban Gara-gara Utang Rp145 Juta

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya