Hari Pertama PPKM Darurat, Begini Suasana Solo, Mal Sepi Pengunjung

Gibran cek pelaksaan ketaatan warga.

Surakarta, IDN Times - Hari pertama pemberlakuan PPKM Darurat, Walikota Solo, Gibran Rakabuming berkeliling Kota Solo untuk mengecek pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Solo, Sabtu (3/7/21).

Baca Juga: Gibran Melarang Pedagang Bermobil Berjualan di Alun-Alun Utara Solo

1. Keliling sambil bagikan masker

Hari Pertama PPKM Darurat, Begini Suasana Solo, Mal Sepi PengunjungAjudan Gibran Rakabuming bagikan masker ke warga. Dok/Humas Pemkot Solo

Selama berkeliling di Kota Solo, Gibran juga menyempatkan untuk berhenti guna membagikan masker kepada para penguna jalan atau warga yang kedapatan tidak memakai masker.

Masker sendiri, diberikan langsung oleh ajudan Gibran kepada warga di jalan. Gibran juga meninjau kawaaan Pasar Legi Solo. Gibran berjalan kaki menuju kios-kios darurat yang digunakam oleh para pedagang pasar.

Gibran meninjau penerapan protokol kesehatan di lokasi tersebut. Bahkan Gibran juga banyak menegur warga dan mengingatkan masyarakat yang tidak mengenakan masker, bergerombol, berkumpul melanggar protokol kesehatan. Selain itu, beliau turut membagikan masker dan buku tulis kepada masyarakat yang dijumpai.

"Ayo Pak Bu, itu maskernya kok tidak di pakai? Harus di pake terus nggih Bu Pak maskernya demi kebaikan dan kesehatan bersama" ujarnya.

2. Tinjau pelaksanaan vaksinasi

Hari Pertama PPKM Darurat, Begini Suasana Solo, Mal Sepi PengunjungWalikota Solo, Gibran Rakabuming tinjau vaksinasi. Dok/Humas Pemkot Solo

Selain berkeliling kota dan meninjau pasar tradisional, Gibran juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kestelan dengan didampingi oleh Kepala OJK Solo, Eko Yunianto.

Vaksinasi 100 dosis tersebut diberikan kepada warga. Gibran juga tak lupa selalu mengingat warga untuk tetap memgikuti protokol kesehatan.

"Sudah di vaksin dereng Pak, Bu? Kalo sampun di vaksin bisa langsung pulang mawon biar tidak berkerumun?" ujarnya.

3. Tenant mal non-essential tutup

Hari Pertama PPKM Darurat, Begini Suasana Solo, Mal Sepi PengunjungSuasana mal saat PPKM Darurat di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, kawasan pusat perbelajaan dan mal di Kota Solo terlihat lengang. Dari pantauan reporter IDNTimes.com, sejumlah mal terlihat sepi banyak tenan non essential yang tutup selama penerapan PPKM Darurat.

Marcomm Mal Solo Square, Lala mengatakan jika seluruh tenant fashion atau tenant non essential dipastikan tutup. Mereka semua tidaj ada komplain dan menerima keputusan dari pemerintah.

Sementara untuk tenant yang essential yakni supermarket, toko obat, dan makanan diperbolehkan untuk buka. Namun untuk makanan dilarang untuk makan ditempat.

"Kami sepenuhnya mendukung pemerintah untuk PPKM Darurat ini, kami juga menyiapkan Satgas untuk berkeliling mengecek dan memastikan tenan tersebut sesuai dengan peraturan," ujarnya

PPKM Darurat Jawa Bali sendiri digelar mulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Hal ini bertujuan untuk memutus penyebaran virus corona.

Baca Juga: Cara Daftar Vaksinasi di Solo, Pemkot Surakarta Gandeng Swasta

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya