HUT RI ke-76, Gibran Pakai Baju Solo Mangkunegaran, Ini Lho Maknanya

Penurun angka COVID-19 jadi kado untuk Pemkot Solo

Surakarta, IDN Times - Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka memimpin Upacara Kemerdekaan Ke-76 RI di halaman kantor Balaikota Solo, Selasa (17/8/2021). Pelaksanaan upacara sendiri hanya dihadiri oleh perwakilan ASN dan TNI.

Baca Juga: Gibran Sanksi Hotel Harris Solo yang Adakan Pesta Nikah Anggota DPR RI

1. Gibran dan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa kenakan baju adat

HUT RI ke-76, Gibran Pakai Baju Solo Mangkunegaran, Ini Lho MaknanyaWalikota Solo Gibran Rakabuming dan Wawali Teguh Prakosa pakai baju adat. IDNTimes/Larasati Rey

Upacara kemerdekaan dimulai pada pukul 08.00 WIB, Walikota Solo, Gibran terlihat mengenakan baju adat Solo Mangkunegaran dengan model beskap Langenharjan berwarna biru. Sedangkan untuk kain jarik, Gibran mamakai motif batik wahyu tumurun.

"Baju Langenharjan, batik wahyu tumurun," ujarnya usai upacara kemerdekaan.

Motif wahyu tumurun mempunyai ciri khusus, motif ini utamanya berbentuk seperti mahkota dibagian dalamnya ber motif bunga, dan motif sepasang ayam atau burung yang berhadap-hadapan. Dan juga ada berbagai tumbuh-tumbuhan yang sedang bersemi dalam bahasa Jawa disebut semen atau tumbuh-tumbuhan yang sedang bersemi.

Adapun filosofi nya adalah agar siapa saja yang mengenakannya akan memperoleh petunjuk atau Anugerah, Ridho, Berkah dan Rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Semoga memperoleh kedudukan atau pangkat dan semoga tercapai cita-citanya tentunya dengan usaha.

Sedangkan Wawali Teguh Prakosa, memakai pakaian adat Amarasi dari Nusa Tenggara Timur. Usai pelaksanaan upacara, Gibran dan Teguh menghampiri para peserta upacara untuk menyapa.

2. Penurunan angka COVID-19 jadi kado Pemkot Solo

HUT RI ke-76, Gibran Pakai Baju Solo Mangkunegaran, Ini Lho MaknanyaWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. IDNTimes/LarasatibRey

Lebih lanjut Gibran berharap dalam HUT RI Ke 76 ini bisa dijadikan momentum untuk kebangkitan dari pandemi COVID-19. Gibran memgatakan jika kasus COVID-19 di Kota Solo sudah melandai dan menjadi keberhasilan dalam pemberlakuan PPKM.

"Momen ini dijadikan kebangkitan dari pandemi. Kita lihat PPKM membuahkan hasil. Alhamdulillah HUT RI keadaan keadaan di Solo semakin membaik. Kira kejar perbaikan kesehatan dan ekononi," katanya.

3. Berikan remisi kepada napi

HUT RI ke-76, Gibran Pakai Baju Solo Mangkunegaran, Ini Lho MaknanyaPemberian remisi kepada narapidana di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam peringatan HUT RI, Gibran juga memberikan remisi umum 2021, total 155 orang. Dengan rincian jumlah perolehan 1 bulan sebanyak 60 orang, 2 bulan sebanyak 27 orang, 3 bulan sebanyak 47 orang, 4 bulan sebanyak 16 orang, dan 5 bulan sebanyak 5 orang.

Sedangkan ada empat orang yang menerima remisi bebas.

Usai mengikuti upacara kemerdekaan, rombongan Muspida mengikuti detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual di Balai Tawang Arum kompleks Balaikota Solo.

4. Warga diminta hentikan aktifitas.

HUT RI ke-76, Gibran Pakai Baju Solo Mangkunegaran, Ini Lho MaknanyaPetugas menghentikan pengendaran saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, susana detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Kota Solo terlihat sejumlah Polisi memberhentikan kendaraan di jalan Jenderal Sudirman Solo. Sedangkan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan diwarnai dengan bunyi sirine ambulan selama kurang lebih satu menit.

Pemberhentian kendaraan tersebut untuk menghormati Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejumlah masyarakat pun turut patuh mengikuti arahan dari tersebut.

Baca Juga: 9 Potret Prosesi Pemakaman Raja Mangkunegara IX

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya