Mampir ke Solo, Jokowi Nengok Jan Ethes dan Nyekar Makam Ibunda

Hampir setengah jam berada di rumah Gibran

Solo, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk mampir ke kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah, Rabu  (7/10/20) malam, usai acara kenegaraan di Yogyakarta. Saat di Solo, Jokowi sejenak mengunjungi cucu dan nyekar ke makam Ibuda Sujiatmi.

Baca Juga: Wawancarai Kursi Kosong Terawan, Relawan Jokowi Polisikan Najwa Shihab

1. Sempatkan kunjungi rumah Gibran

Mampir ke Solo, Jokowi Nengok Jan Ethes dan Nyekar Makam IbundaIDN Times/Larasati Rey

Jokowi tiba di Solo sekitar pukul 18.25 WIB, dan langsung menuju ke rumah putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Di sana, Jokowi beristirahat juga bertemu dengan kedua cucunya Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Kunjungan Jokowi ke rumah calon Wali Kota Solo tersebut tak lama, hanya sekitar 25 menit. Kemudian rombongan bertolak ke makam untuk nyekar Ibunda Sujiatmi Notomiharjo, yang berlokasi di Desa Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Nyekar pada malam hari

Mampir ke Solo, Jokowi Nengok Jan Ethes dan Nyekar Makam IbundaMomen kebersamaan Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ibunda Sujiatmi Notomiharjo (kiri) (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jokowi tiba di lokasi pemakaman keluarga Ibunda dan ayahnya Sujiatmi Notomihardjo dan Widjiatmo Notomiharjo di Dukuh Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar sekitar pukul 19.00 WIB. Jokowi menggunakan mobil Toyota Alpard hitam berpelat AB 1224 ZA.

Juru kunci makam keluarga Jokowi, Sidik Suramto mengatakan Presiden Jokowi berziarah ke makam keluarga ditemani anaknya, Gibran dan adik kandungnya, Ida Yati. Sebelum, ia didatangi oleh Paspampers untuk memberi tahu kedatangan orang nomor satu tersebut.

"Kemarin saya dikabari Paspampres beliau (Jokowi) mau datang berziarah ke makam keluarga. Saya diminya membersihkan makam," ujarnya.

Kedatangan Jokowi di makam keluarga tersebut untuk yang kedua kalinya, sejak meninggalnya ibunda Sujiatmi pada 25 Maret lalu. Kali pertama Jokowi nyekar Ibunda Sujiatmi pada 28 Agustus 2020 lalu.

3. Langsung bertolak ke Yogyakarta

Mampir ke Solo, Jokowi Nengok Jan Ethes dan Nyekar Makam IbundaPresiden Joko "Jokowi" Widodo (YouTube/Sekretariat Presiden)

Usai memanjatkan doa yakni yasin dan tahlil untuk kedua orang tuanya, Jokowi, Gibran dan adiknya Ida Yati bergegas keluar dari pemakaman, selama 30 menit ketiganya berada di lokasi pemakaman. Sekitar pukul 19.30 WIB, Jokowi dan rombongan meninggalkan lokasi pemakaman keluarga.

Sebelumnya, ia juga menyempatkan diri untuk menyapa warga yang sudah menunggu di pintu masuk makam. Ia melambaikan tangan, dan langsung bertolak ke Yogyakata. Jokowi rencananya akan menginap di Gedung Agung Yogyakarta.

Baca Juga: Jokowi Geram RI Gak Bisa seperti Malaysia dan Spanyol, Soal Apa Nih?

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya