Masjid Agung Solo Sembelih Hewan Kurban Jokowi Pada Rabu

Tutup pintu saat hari Idul Adha

Surakarta, IDN Times -  Masjid Agung Solo menjadi salah satu masjid yang mendapat hewan kurban dari Presiden Joko Widodo. Kendati, Idul Adha akan digelar besok, namun pada Senin (19/7/2021) Masjid Agung belum menerima hewan qurban dari Jokowi.

Baca Juga: 10 Kuliner di Solo yang Beri Promo Take Away Selama PPKM Darurat

1. Kurban Jokowi di Solo disembelih hari Rabu

Masjid Agung Solo Sembelih Hewan Kurban Jokowi Pada RabuANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Takmir Masjid Agung Solo, Muchtarom mengatakan hingga Senin (19/7/2021) hewan kurban milik Presiden Joko Widodo belum diantar ke masjid. Hewan kurban sendiri  diantar ke Masjid Agung pada Selasa (20/7/2021) usai pelaksanaan Salat Ied.

Kendati baru diantar usai salat ied, Muhtarom mengatakan hewan qurban seberat 837 kilogram asal perternak dari Boyolali tersebut baru akan disembelih pada Rabu (21/7/2021) pagi. Pihak panitia memilih menyembelih pada hari Rabu untuk, lantaran pada hari tersebut pelaksanaan PPKM Darurat sudah berakhir.

2. Penyembelihan digelar secara terbatas

Masjid Agung Solo Sembelih Hewan Kurban Jokowi Pada Rabugoodnewsfromindonesia.id

Untuk menggurangi kerumunan, Muchtarom mengatakan jika penyembelihan nantinya akan dilakukan secara terbatas hanya pihak panitia saja yang diperbolehkan untuk masuk ke kawasan masjid. Tak hanya itu panitia yang bertugas juga telah melakukan swab test untuk memastikan negatif COVID-19.

"Ya kira-kira ada 20 an panitia nanti, semuanya sudah ditracking ditest dari dinas, dan hasilnya negatif. Pokoknya kita tetap mengikuti protokol kesehatan," jelasnya.

Untuk menghindari adanya warga yang mendekat ke area masjid, Muhtarom mengatakan jika pembagian daging kurban akan dilakukan secara door to door sesuai dengan data yang telah dikumpulkan oleh panitia. Dipihaknya tidak akan membagikan daging kepada warga yang segaja datang ke masjid.

"Kita tidak bagikan daging ke orang-orang, hanya warga yang sudah kami data. Ini supaya orang-orang tidak datang ke masjid, dan juga pembagiannya dari rumah ke rumah," jelasnya.

3. Jumlah hewan kurban menurun

Masjid Agung Solo Sembelih Hewan Kurban Jokowi Pada RabuPemeriksaan hewan kurban (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Lebih lanjut, Muhtarom mengatakan jika jumlah hewan qurban di Masjid Agung Solo mengalami penurunan, yakni ada 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Menurut Muhtarom, selain dipengaruhi oleh adanya pandemi COVID-19, banyaknya musala di Kelurahan Kauman yang mengelar pemotongan hewan, sehingga jamaah yang biasa menyumbangkan hewan kurbannya di Masjid Agung kini beralih ke musala di daerah masing-masing.

"Untuk tahun ini kita hanya menyembelih 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing, ini ada penurunan dari tahun lalu. Karena banyak Langgar (Mushala) yang mengelar penyembelihan hewan kurban," pungkasnya.

Pada pelaksanaan Idul Adha 1442 H ini, Masjid Agung Solo tidak mengelar salat secara berjamaah di masjid. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah untuk jamaah mengelar salat ied di rumah masing-masing.

Selain di Masjid Agung, Jokowi juga memberikan hewan kurban di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, dua masjid tersebut menjadi langganan Jokowi untuk beramal saat Idul Adha.

Baca Juga: Idul Adha, Presiden Jokowi Kurban 2 Ekor Sapi Ukuran Jumbo di Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya