Peringatan Bulan Bung Karno di Solo, Gelar Lomba E-Sport

Tak ada Gibran di ceremonial Bulan Bung Karno di Solo.

Surakarta, IDN Times - DPC PDIP Solo mulai memperingati Bulan Bung Karno. Sejumlah kegiatan digelar mulai dari penanaman pohon, hingga berbagai perlombaan.

Baca Juga: Gibran Melarang Pedagang Bermobil Berjualan di Alun-Alun Utara Solo

1. Bantu hijaukan Kota Solo

Peringatan Bulan Bung Karno di Solo, Gelar Lomba E-SportPeringatan Bulan Bung Karno di DPC PDIP Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Peringatan Bulan Bung Karno, mengambil jargon "Bhinneka Tunggal Ika Kerja Gotong Royong untuk Rakyat Desa Maju, Indonesia Kuat dan Berdaulat" ditandai dengan kegiatan penanaman 48 pohon di sekitar kantor DPC PDIP Solo dan sepanjang jalan Juanda.

Penanaman pohon tersebut digelar terbatas dan dihadiri oleh sejumlah petinggi partai. Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa hadir dalam acara tersebut, mengatakan pohon yang ditanam merupakan jenis pohon Sala yang indetik dengan nama Kota Solo.

"Ini hari ketiga peringatan karena sejak hari Jumat sudah dimulai oleh Bapak Ketua DPC dengan lomba tenis meja, hari ini dilanjutkan dengan tenis meja umum, dan pagi ini ceremonial penyerahan pohon Sala, hanya 48 akan ditanam sepanajng Ir juanda. Kita pilih pohon Sala ini, karena kita ingin pohon yang menjadi ciri Kota Solo ini bisa kita abadikan di jalan-jalan protokol di kota Surakarta," ujarnya, Minggu (20/6/21).

2. Tak dihadiri Gibran maupun Rudy

Peringatan Bulan Bung Karno di Solo, Gelar Lomba E-SportPeringatan Bulan Bung Karno di DPC PDIP Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, acara seremonial penanaman pohon tersebut ternyata tak dihadiri oleh Walikota Solo Gibran Rakabuming yang notabene adalah kader PDIP. Ketidak hadiran Gibran di acara tahunan PDIP tersebut, ternyata menjadi pertanyaan.

Teguh mengatakan jika Gibran tidak dapat hadir lantaran sedang bertugas ke Jakarta. Selain Gibran, Ketua DPC PDIP Solo FC Hadi Rudyatmo juga tak hadir dalam acara tersebut.

"Dari awal jadwal maupun kostum sudah disiapkan tetapi pada pembukaan awal Jumat itu beliau (Gibran) tidak bisa hadir karena hari terakhir sekolah kepemimpinan, termasuk saya tidak bisa hadir. Kemudian hari ini ketua DPC (Rudy) tidak hadir karena kerja bakti," kata Teguh.

"Ini beliau (Gibran) memanfaatkan waktu yang sempit ke Jakarta karena ada beberapa proposal yang disampaikan supaya ada keputusan pembangunan-pembangunan yang ada di kota Solo untuk tahun 2021," imbuhnya.

Perlu diketahui, baik Gibran mauapun Teguh sejaka hari Senin (14/6/21) mengikuti Pembekalan Kepimpinanan Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2021 secara virtual hingga hari Jumat ( 18/6/21). Selama lima hari tersebut, Gibran dan Teguh wajib mengikuti pembekalan yang digelar oleh Kementrian Dalam Negeri.

3. Ada turnamen e-sport

Peringatan Bulan Bung Karno di Solo, Gelar Lomba E-SportWakil Walikota Solo, Teguh Prakosa. IDNTimes/Larasati Rey

Di Kota Solo, peringatan Bulan Bung Karno dimeriahkan dengan berbagai lomba, diantaranya lomba tenis meja, lomba pidato biografi Bung Karno, lomba catur, dan E-sport Tournament.

Selain itu, juga akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial. Seluruh kegiatan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Perlu diketahui, bulan Juni juga dikenal sebagai Bulan Bung Karno. Peringatan ini mengacu pada Hari Lahir Pancasila yang digagas oleh Soekarno dan diperingati setiap 1 Juni. Selain itu, Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970.

Baca Juga: 8 Tim Peserta Piala Wali Kota Solo, Ada Klub Kaesang dan Raffi Ahmad

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya