Peringati Hari Kartini, Selvi Ananda Buka Pameran 21 Kartini UMKM

Promisikan UMKM Kota Solo.

Surakarta, IDN Times -  Istri Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda membuka Pameran 21 Kartini UMKM Surakarta di Omah Sinten Solo, Sabtu (24/4/2021). Pameran tersebut meliputi pameran produk industri rumah tangga, workshop aneka barang kerajinan, hingga aneka produk seni lainnya yang memeriahkan pameran UMKM.

Baca Juga: Gaya Selvi Ananda Saat Blusukan Kampanyekan Cegah Stunting 

1. Kembangkan potensi kaum wanita

Peringati Hari Kartini, Selvi Ananda Buka Pameran 21 Kartini UMKMSelvi Ananda. Dok/Humas Pemkot Solo

Selvi mengajak para wanita untuk aktif dan kreatif mengembangkan potensi ekonomi dalam skala UMKM. Menurutnya, UMKM lebih bisa bertahan dan tidak terpengaruh dengan pasang surut kondisi ekonomi makro.

"Kaum perempuan biasanya lebih ulet dan tekun dalam menumbuhkan, mengembangkan bahkan memajukan UMKM. Saya mengajak para wanita Surakarta untuk memajukan usaha ekonomi skala rumah tangga lewat UMKM," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Selvi juga membuktikan kualitas hasil UMKM dengan membeli beberapa kain dan assesories karena menurutnya hasilnya berkualitas dan menarik. Ia juga melukis diatas kanvas yang telah disediakan, Selvi melukis bunga berwana kuning dan membubuhkan tanda tangan dibawahnya.

2. Sebagai unjuk kreatifitas

Peringati Hari Kartini, Selvi Ananda Buka Pameran 21 Kartini UMKMSelvi Ananda menghadiri acara Pameran 21 Kartini UMKM.Dok/Humas Pemkot Solo

Lebih lanjut, Selvi menyampaikan kegiatan itu merupakan kesempatan berharga bagi para pelaku UMKM khususnya perempuan di Kota Surakarta untuk unjuk kreativitas. Begitu pula halnya menjadi momen baik untuk mempromosikan produk-produknya.
Ia optimis, Kota Solo akan mampu bangkit dengan ekonomi kreatifnya yang berbudaya.

"Kota kita ini lahannya terbatas tak seperti daerah lain, sehingga kita harus bangkit dengan kegiatan seni, UMKM, dan ekonomi kreatif lainnya, di samping pariwisata juga menjadi sektor andalan kita bersama," bukanya.

Selvi juga menjelaskan dengan posisi yang strategis, Solo menjadi kota transit dan tujuan bagi wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten atau kota lainnya. Untuk itu, ia mengajak semua elemen memanfaatkan kesempatan dan keuntungan itu dengan gencar mempromosikan setiap destinasi wisata Solo yang berkultur budaya Jawa yang adiluhung dan tak ada di daerah lain.

“Beragam Budaya Jawa, wisata religi, kuliner, hingga kenyamanan dan ketentraman sebagai kota ternyaman di Indonesia kita punya. Peluang ini harus terus kita manfaatkan dan ini akan membangkitkan perekonomian masyarakat kita," ungkap Selvi.

3. Jadi ruang pamer

Peringati Hari Kartini, Selvi Ananda Buka Pameran 21 Kartini UMKMSelvi Ananda menghadiri acara Pameran 21 Kartini UMKM.Dok/Humas Pemkot Solo

Sementara, Ketua Panitia, Dyah Ayuning mengatakan, Solo Art Market ini merupakan ruang publik untuk berkarya. Karya mereka merupakan karya yg panjang prosesnya.

"Kami berharap bisa berkontribusi dalam pengembangan UMKM khususnya handycraft atau kerajinan tangan. Harapan kami ruang pamer bisa dikembangkan sepanjang Pedestrian Ngarsopura," pungkasnya.

Baca Juga: 9 Adu Gaya Kahiyang Ayu Vs Selvi Ananda, Memesona nan Kalem

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya