Persimpangan Sebidang Purwosari Solo Ditutup Tanggal 5 Februari

Dampak Pembangunan Fly Over Purwosari

Solo, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta akan menutup persimpangan sebidang kereta api (KA) yang berada di Purwosari, Solo, Jawa Tengah mulai tanggal 5 Februari 2020 mendatang. Penutupan sendiri dilakukan untuk memulai proses pembangunan konstruksi fly over Purwosari.

Baca Juga: Agen Wisata di Solo Masih Datangkan Turis Tiongkok, DPD Asita: Setop 

1. Sosialisasikan pengalihan arus

Persimpangan Sebidang Purwosari Solo Ditutup Tanggal 5 FebruariIDN Times / Larasati Rey

Untuk mengenalkan jalur alternatif, mengingat perlintasan sebidang Purwosari melewati jalan utama Kota Solo yakni jalan Slamet Riyadi. Dishub Surakarta mengelar sosialisasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) di kawasan persimpangan sebidang Purwosari, Kamis (30/1).

Sosialisasi dilakukan dengan cara membagikan pamfleat kepada para penguna jalan di sekitar persimpangan sebidang. Pamfleat tersebut berisi informasi pengalihan arus, dan rute jalur aternatif.

"Rencananya tanggal 5 perlintasan akan ditutp, kita sudah siapkan MRLL untuk pengalihan arus," ujar Kepala Dishub Kota Surakarta, Hari Prihatno.

2. Diberlakukan jalur dua arah

Persimpangan Sebidang Purwosari Solo Ditutup Tanggal 5 FebruariIDN Times / Larasati Rey

Kasat Lantas Polresta Surakarta, Kompol Busroni menjelaskan beberapa jalan searah, nantinya akan dibuat dua arah. Pemberlakukan jalur dua arah tersebut untuk mengakomodir bus antar kota dalam provinsi (AKDP) menuju ke Terminal Tirtonadi Solo. Salah satu jalan yang dibuat dua arah adalah jalan Honggowongso dari Pasar Kembang menuju perempatan Ngapeman.

Selain itu, pemberlakuan jalur dua arah juga dilakukan di Jalan Agus Salim mulai dari Bundaran Purwosari - Simpang Jongke. Jalur alternatif tersebut disiapkan bagi pengendara yang dari Solo menuju Yogyakarta dan Semarang atau sebaliknya.

"Penerapan rekayasa lalu lintas dimulai Februari. Tidak ada simulasi nanti, karena banyak titik jalan yang bisa dilewati masyarakat atau pengguna jalan ketika jalan menuju Purwosari ditutup," ungkapnya.

3. Pembangunan fly over telan dana Rp 104 miliar

Persimpangan Sebidang Purwosari Solo Ditutup Tanggal 5 FebruariKemen PU PR

Pembangunan jalan layang ( flyover) di perlintasan sebidangkereta api Purwosari, Solo, Jawa Tengah menelan anggaran sebesar Rp 104 miliar.

Pembangunan flyover dimulai Rabu 8 Januari 2020 ditandai dengan penandatanganankontrak pekerjaan pembangunan flyover Purwosari di Loji Gandrung Solo. Proyek tersebut diharapkan bisa selesai padaDesember 2020.   

Baca Juga: Cuaca Jateng Hari Ini, Jateng Barat dan Solo Raya Dilanda Hujan Petir

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya