Pertama Kali, UMS Kukuhkan 4 Guru Besar Sekaligus

Pengukuhan secara luring dan daring.

Surakarta, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) segera mengukuhkan 4 guru besar sekaligus. Pengukuhan ini akan dilaksanakan Sabtu, (13/11/2021) di Edutorium UMS secara luring dan juga daring.

Baca Juga: Ini Dia, Dua Mobil Listrik Karya Mahasiswa UMS!

1. Pertama kali digelar UMS

Pertama Kali, UMS Kukuhkan 4 Guru Besar SekaligusDok.Humas UMS

Empat guru besar tersebut diantaranya, adalah Kun Harismah selaku Kepala HKI Lembaga Riset UMS, Supriyono selaku Wakil Rektor V UMS, Marwan Efendi selaku Wakil Direktur Bidang Akademik Sekolah Pasca Sarjana UMS, dan Anam Sutopo sebagai Kepala Biro Sekretariat Rektorat UMS.

Menurut Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, pengukuhan 4 guru besar sekaligus ini menjadi branding yang baik untuk UMS.

"Ini baru pertama kalinya, kegiatan yang luar biasa mengukuhkan 4 guru besar sekaligus.
Tentunya ini menjadi branding yang sangat baik untuk UMS," ungkapnya.

2. Berdampak pada prestasi UMS

Pertama Kali, UMS Kukuhkan 4 Guru Besar SekaligusRektor UMS, Prof Sofyan Anif. IDNTimes/Larasati Rey

Sofyan mengungkapkan prestasi yang diraih UMS sebagai perguruan tinggi swasta terbaik, berdampak positif dari pengembangan sumber daya manusia yang tengah digalakkan.

"Dua minggu lalu dalam pemeringkatan internasional perguruan tinggi islam dunia versi uni rank kita menduduki posisi nomer 3. Harapan kita ini dapat menambah reputasi reeputasi bidang tertentu dalam rangkaian mendapatkan predikat world class university di tahun 2025," papar Sofyan Anif.

3. Sebanyak 50 persen dosen bergelar doktor

Pertama Kali, UMS Kukuhkan 4 Guru Besar SekaligusCalon guru besar UMS. IDNTimes/Larasati Rey

Di UMS sendiri dijelaskannya, jumlah dosen UMS yang bergelar doktor sudah mencapai 43 persen dari total dosen di UMS. Dimana
ada 53 dosen yang menempuh kuliah S3 di luar negeri, serta 97 dosen yang menempuh kuliah S3 di dalam negeri.

"Kalau lulus semua, sudah mendekati angka 50 persen doktor yang kami punya. Nanti berimbas pada jumlah artikel publikasi. Dan mudah-mudahan diimbangi jabatan fungsional guru besar," imbuhnya.

Pada tahun ini jumlah guru besar UMS tercatat sebanyak 38 orang, termasuk empat guru besar baru tersebut. Jika dikurangi guru besar yang meninggal dan mengundurkan diri (resign) lima orang, maka guru besar aktif sebanyak 33 orang.

Baca Juga: Peluang Bisnis di Era New Normal Menurut Pakar Ekonomi UMS

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya