PT KAI Pangkas Jadwal Perjalanan KA Prameks Solo-Yogyakarta

Akibat jumlah penumpang yang menurun drastis.

Solo, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta mengurangi kapasitas untuk Kereta Api (KA) Lokal Prameks rute Solo-Yogyakarta dan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) mulai Sabtu (21/3) ini.

Pengurangan kapasitas ini untuk memutus penyebaran virus corona atau COVID-19. Pengurangan kapasitas mulai dari maksimum 150 persen menjadi hanya maksimum 75 persen.

Baca Juga: Virus Corona, Penumpang di Bandara Solo Turun Lebih dari 50 Persen

1. Jumlah penumpang turun 25 persen

PT KAI Pangkas Jadwal Perjalanan KA Prameks Solo-YogyakartaIDN Times/Larasati Rey

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan dampak dari pandemi virus Corona COVID-19 dan Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona di Kota Solo juga mengakibatkan jumlah penumpang KA mengalami penurunan drastis. Terutama untuk KA Lokal Prameks, dari data PT KAI tingkat keterisian penumpang hanya sekitar 25 persen dari kapasitas kereta.

"KA Prameks dan KA jarak jauh kita sudah atur sedemikian rupa, sehingga di dalam gerbong sangat luas. Penumpang tidak akan berdesakan, jika sebelumnya kapasitas 150 persen dimana 100 persen duduk dan 50 persen berdiri sekarang kapasitas hanya 75 persen," jelasnya Sabtu (21/3).

Menurut Eko, penurunan penumpang KA Prameks terjadi karena masyarakat terutama Pramekers (sebutan penumpang KA Prameks) sudah sadar dengan mematuhi imbauan pemerintah."Teman-teman Pramekers sebagian besar kan dari kalangan intelektual sehingga mereka sadar kesehatan," ungkapnya.

2. Antisipasi penyebaran virus corona

PT KAI Pangkas Jadwal Perjalanan KA Prameks Solo-YogyakartaPenerapan social distancing di Stasiun Purwosari, Solo. IDN Times / Larasati Rey

Pengurangan kapasitas KA lokal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona COVID-19. Selain itu PT KAI juga menerapkan sistem social distancing, baik di kursi ruang tunggu, antrean tiket, hingga tempat duduk kereta. Hal ini untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pemberlakuan social distancing.

Sedangkan untuk penumpang KA jarak jauh, kondektur dapat memindahkan penumpang ke kursi yang kosong jika ada permintaan dari penumpang. Penumpang dapat menghubungi kondektur melalui nomor Handphone yang tertera pada setiap dinding kereta.

3. Perjalanan KA Bandara Solo dipangkas 8 perjalanan

PT KAI Pangkas Jadwal Perjalanan KA Prameks Solo-YogyakartaIDN Times/Larasati Rey

Selain mengurangi kapasitas KA lokal, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga mengurangi jumlah perjalanan KA BIAS untuk rute Bandara Solo-Klaten dan sebaliknya. Sebanyak 8 perjalanan dipangkas lantaran sepinya penumpang.

"Ada banyak jadwal perjalanan KA BIAS yang dipangkas dari awalnya 16 perjalanan lebih dari separuh yang dibatalkan.Kami melakukan penyesuaian jadwal sementara KA BIAS mulai Sabtu (21/3) hingga Selasa (31/3)" kata Eko.

"Daripada mubazir karena bandara juga sepi, kalau tetap kita operasikan dalam keadaan kosong kan tidak efisien," pungkasnya.

Baca Juga: Petugas Kesehatan Siaga 24 Jam di Stasiun, PT KAI Bagi Masker Gratis

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya