Sembuh Dari COVID-19, Gibran Ngaku Siap Donor Plasma Konvalesen 

Ajak ASN lakukan donor plasma konvalesen

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku akan melakukan donor plasma konvalesen usai sembuh dari COVID-19.

Baca Juga: PMI Viralkan Pasokan Oksigen di Solo Menipis, Gibran: Suplai Sedikit

1. Berjanji lakukan donor

Sembuh Dari COVID-19, Gibran Ngaku Siap Donor Plasma Konvalesen Walikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Saat ditemui di Kantor Balaikota Solo, Gibran mengaku akan melakukan donor plasma konvalesen. Kendati demikian, ia akan berkonsultasi dengan PMI Solo terkait syarat pedonor plasma konvalesen.

"Ya saya juga donor. Ya nanti saya konsultasi dengan Pak Martono (CEO PMI Solo) dulu, syaratnya apa saja," jelasnya, Senin (26/7/2021).

2. Ajak ASN lakukan donor plasma konvalesen

Sembuh Dari COVID-19, Gibran Ngaku Siap Donor Plasma Konvalesen Darah pendonor plasma konvalesen di PMI Solo (IDNTimes/Larasati Rey)

Tak hanya itu, Gibran juga mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama penyintas Covid untuk melakukan donor plasma konvalesen. Ia tak segan-segan untuk membuat aturan guna mencukupi kebutuhan plasma konvalesen di Solo.

"Ini instruksi ya, tapi yang jelas kalau yang sudah sembuh, sudah waktunya menolong yang lain," ungkapnya.

Berdasarkan data dari PMI Solo, antrean kebutuhan permintaan plasma konvalesen hingga Senin (26/7/2021) ada 161 antrian. Dengan rincian golongan darah A 62 antrian, golongan darah B 50 antrian, golongan darah O 37 antrian, dan golongan darah AB 12 antrian.

3. Sudah mulai aktif bekerja

Sembuh Dari COVID-19, Gibran Ngaku Siap Donor Plasma Konvalesen Walikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Sejak dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejalan pada Senin ( 12/7/21) lalu, Gibran sudah mulai aktif melakukan kegiatan dan blusukan pada Minggu (25/7/21). Gibran sendiri baru berkantor kembali di Balaikota pada Senin (26/7/21).

Gibran pun langsung memimpin sejumlah rapat koordinasi dengan para OPD terkait. Bahkan, Gibran juga mengunjungi lokasi isolasi terpusat di SD Penularan untuk memberikan bingkisan dan semangat kepada para warga.

Baca Juga: Seminggu Isolasi Mandiri, Kabar Terbaru Gibran Sembuh Dari COVID-19 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya