Comscore Tracker

Solo Masuk PPKM Darurat Level 4, Bansos Akan Segera Disalurkan

Tutup sejumlah ruas jalan.

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo masih akan menerapkan aturan lama terkait perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga tanggal 25 Juli mendatang.

Sejumlah skenario kebijakan dilakukan mulai dari penutupan jalan hingga pemberian Bansos bagi masyarakat.

Baca Juga: Kocak! Titik Penyekatan di Solo Malah Dipakai Olahraga, Ini Kata Polda Jateng

1. Solo masuk level 4, Wakil Wali Kota minta maaf

Solo Masuk PPKM Darurat Level 4, Bansos Akan Segera DisalurkanWakil Walikota Solo, Teguh Prakosa. IDNTimes/Larasati Rey

Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengatakan jika Kota Solo berada di level 4 penyebaran COVID-19, sehingga secara praktis hampir tidak ada perubahan aturan selama perpanjangan PPKM ke depan.

"Kota Solo ini level 4, jadi penyekatan masih kita lakukan. Saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Kota Solo yang terdampak dari kebijakan dari pemerintah ini. Benar-benar selaku pemerintah kota, saya mohon maaf," ujarnya, Rabu (21/7/2021).

2. Tutup sejumlah ruas jalan protokol

Solo Masuk PPKM Darurat Level 4, Bansos Akan Segera DisalurkanPenutupan Jalan Rajiman Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Mekanisme penutupan jalan akan tetap dilakukan oleh Pemkot, dan hingga saat ini ada delapan ruas jalan yang ditutup di Kota Bengawan. Yakni Jalan Slamet Riyadi, Jalan Sutan Syahrir, Jalan Dr Radjiman, Jalan Piere Tendean, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Yos Sudarso, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Adi Sucipto.

Khusus di Jalan Sutan Syahrir, petugas membuka akses jalan pada pukul 12.00 WIB hingga 15.00 WIB untuk bongkar muat truk logistik. Lalu, di kawasan Jalan Adi Sucipto, penutupan hanya dari arah barat ke timur atau arah masuk Kota Solo.

Penutupan ruas jalan tersebut bertujuan untuk mengurangi mobilitas warga selama pelaksanaan PPKM, terlebih Polresta Solo telah merilis penutupan jalan tersebut terbukti menurunkan mobilitas warga hingga 15,8 persen.

3. Serahkan bantuan kepada masyarakat

Solo Masuk PPKM Darurat Level 4, Bansos Akan Segera DisalurkanIlustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Teguh berharap adanya perpanjangan PPKM ini tidak membuat masyarakat panik. Dimana perpanjangan PPKM Darurat tersebut akan ditindak lanjuti dengan penyaluran bantuan-bantuan dari pemerintah pusat. Yakni BST (Bantuan Sosial Tunai), BLT (Bantuan Langsung Tunai), PKH (Program Keluarga Harapan) sembako dan bansos lain dari pemerintah pusat dan daerah.

"Kita akan salurkan bantuan-bantuan yang sudah disiapkan pemerintah untuk warga terdampak PPKM Darurat," katanya.

Demikian juga bansos untuk para pedagang pasar dan pedagang kaki lima yang terdampak PPKM Darurat.

"Pasar tradisional yang 14 kemarin ditutup itu kan komunitasnya banyak sekali. Itu harus dilaporkan nanti segera ada bantuan sembako dan lain-lain," pungkasnya.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Pedagang Kuliner Salatiga Dijanjikan Diberi Sembako

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya