Survei: Kaesang Masuk Kandidat Wali Kota Solo, Gibran Dukung Teguh

Elektabilitas Kaesang naik berkat popularitas Jokowi

Surakarta, IDN Times - Tim Magister Administrasi Publik (MAP), Universitas Slamet Riyadi merilis hasil survei soal pendapat masyarakat tentang penganti Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo. Dalam survei tersebut, nama Kaesang Pangarep masuk menduduki peringkat kedua dari empat nama yang diajukan.

1. Muncul empat nama penganti Gibran

Survei: Kaesang Masuk Kandidat Wali Kota Solo, Gibran Dukung TeguhKetua Tim survei Unisri, Suwardi. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Prodi MAP Unisri, Suwardi mengatakan, hasil survei tersebut merupakan kelanjutan dari hasil survei sebelumnya mengenai tingkat kepuasan masyarakat Kota Solo terhadap kinerja dua tahun kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa.

Kali ini, Unisri merilis survei siapa pengganti Gibran Rakabuming jika nantinya akan melanjutkan kariernya menjadi gubernur.

Dari survei tersebut terdapat lima nama yang terjaring. Antara lain Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, adik kandung Gibran, Kaesang Pangarep, Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo, mantan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani.

"MAP Unisri telah melakukan survei pada 15--25 Februari 2023 dengan 560 koresponden. Adapun survei dilakukan dengan instrumen data kuesioner tertutup dan wawancara langsung atau face to face di 56 titik lokasi di Kota Solo," katanya, Senin (27/2/2023).

Suwardi mengatakan, nama Kaesang muncul dalam top mind dikarenakan faktor elektabilitas dari putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, sehingga memengaruhi popularitas.

"Popularitas Kaesang itu diriset kita empat tahun lalu, di bulan juni 2019, ketika kita menemukan nama Gibran Rakabuming Raka, tokoh muda yang akan menjadi wali kota berikutnya. Dan ternyata ini betul, maka ketika itu kita juga menemukan nama Kaesang dengan popularitas di angka 86 persen," jelasnya.

Baca Juga: Kaesang Pakai Kaos Gambar Puan Maharani, Sudah Masuk PDIP Nih?

2 Teguh teratas kalahkan Kaesang

Survei: Kaesang Masuk Kandidat Wali Kota Solo, Gibran Dukung TeguhSurvei Unisri soal penganti Gibran. (IDN Times/Larasati Rey)

Masih dari hasil survei tersebut, didapati nama Teguh Prakosa berada di peringkat pertama dengan angka 17 persen. Sedangkan Kaesang menduduki peringkat kedua dengan perolehan 5 persen.

"Selebihnya ada nama Budi Prasetyo dengan 1 persen, Achmad Purnomo dengan 0,10 persen, dan Ahyani dengan 0 persen," paparnya.

Dari survei itu juga mengindikasikan bahwa standar masyarakat yang tinggi terhadap pemimpin daerahnya membuat dari mereka banyak yang belum memiliki alternatif calon.

"Sehingga tingkat jawaban belum tahu sampai 75 persen, ini tinggi. Sehingga ketika wacana ini bergulir ke masyarakat dan kemudian dibicarakan di tongkrongan, hik (angkringan) dan sudut kampung, kita berusaha terlibat dalam proses ini dengan menggelar survei lagi," ujarnya.

3. Gibran dukung Teguh Prakosa

Survei: Kaesang Masuk Kandidat Wali Kota Solo, Gibran Dukung TeguhWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu,  Gibran Rakabuming Raka mengaku mendukung Teguh Prakosa untuk menjadi pengantinya. Ditanya perihal dukungan tersebut, Gibran mengaku, mengingkat Teguh adalah pemimpin yang bisa melanjutkan program-program kerjanya selama ini.

"Ya saya pilih Pak Teguh saja. Ya biar pembangunannya berkelanjutan ada kontinuitas di situ. Pak Teguh paling tinggi. Wes sip, ra sah karo Kaesang, ya (sudah sip (pak Teguh), tidak usah Kaesang (wali kotanya))," kata Gibran.

Baca Juga: Tuan Guru Bajang ke Solo Dorong Gibran Maju Pilgub

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya