Temui Pasien Isolasi di Solo, Luhut Curhat Keluarganya Kena COVID-19

Luhut kasih tahu kalau virus corona itu bukan aib

Surakarta, IDN Times - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengunjungi lokasi isolasi terpusat COVID-19 di SD Negeri Cemara Dua, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (5/8/21). Luhut yang didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berkesempatan berbincang dengan warga yang sedang isolasi dari luar pagar.

1. Luhut Curhat soal keluarganya

Temui Pasien Isolasi di Solo, Luhut Curhat Keluarganya Kena COVID-19Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan tinjau lokasi isolasi terpusat di Solo (IDN Times/Larasati Rey)

Luhut memberikan semangat kepada warga isolasi untuk terus berjuang melawan COVID-19. Luhut mengaku tak perlu malu untuk mengakui jika anggota keluarganya pernah terpapar virus corona. Menurutnya, COVID-19 bukan sebuah aib yang perlu ditutup-tutup.

"Jadi tidak ada hal bilang ini aib atau tidak, Jadi sekali lagi anak saya kena, dua yang Kopassus, yang Kopassus lho kena, satu masuk rumah sakit yang satu tidak. Mantu saya dua itu sarjana semua isolasi, cucu saya yang 12 tahun kena, tapi Alhamdulillah hanya delapan hari," kata Luhut.

Baca Juga: Dear Wong Solo, 4 Kosakata ini Populer di Daerahmu, Sudah Tahu?

2. Minta warga tidak buat klaster COVID-19 baru

Temui Pasien Isolasi di Solo, Luhut Curhat Keluarganya Kena COVID-19Warga isolasi terpusat di SDN Cemara Dua Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Luhut berpesan kepada warga isolasi untuk jujur soal riwayat kesehatan. Baginya, kejujuran adalah upaya untuk menghindari adanya klaster baru COVID-19 terutama klaster keluarga.

"Tolong sampaikan ini bukan penyakit yang aneh, tapi ini kejadian memang luar biasa. Ayo kita masuk, kalau memang kena jangan sampai bikin klaster baru lagi," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Bintoro mengaku senang banyak pejabat yang peduli terhadap dirinya dan warga lain yang tengah isolasi.

"Terima kasih kepada para pejabat karena sudah peduli kami warga kecil, dan memberikan semangat bagi kami agar bisa sembuh dari COVID-19 ini," ungkapnya.

3. Vaksinasi akan dipercepat di Kota Solo

Temui Pasien Isolasi di Solo, Luhut Curhat Keluarganya Kena COVID-19Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Rombongan Luhut juga mengunjungi lokasi vaksinasi pelajar di SMA 1 Solo. Pihaknya berharap seluruh daerah melakukan percepatan vaksinasi.

"Di Solo di sini baru 69 persen dan sekitarnya masih 38an persen, jadi tadi sama Pak Menkes kami mau bisa 75 persen akhir bulan," imbuhnya.

"Kalau ini jadi, saya kira vaksinasi bisa jalan September 2021 kita harapkan sudah selesai lah ini," ujar Luhut.

Baca Juga: HUT ke-76 RI, Gibran Larang Warga Solo Gelar Lomba dan Tirakatan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya