Comscore Tracker

Vaksinasi di Keraton Solo, KTP non Surakarta Bisa Daftar

Target 15 ribu peserta hingga 6 Oktober 2021

Surakarta, IDN Times - Sebanyak 3.000 abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mengikuti vaksinasi di sentra vaksinasi yang berlokasi di Pagelaran, kompleks Keraton Kasuanan Surakarta, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Keunikan Jam Istiwak Keraton Solo, Penanda Salat Manfaatkan Matahari

1. Banyak abdi dalem yang menjalani vaksin sudah lanjut usia

Vaksinasi di Keraton Solo, KTP non Surakarta Bisa DaftarVaksinasi abdi dalem di Keraton Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Berdasarkan pantauan IDN Times pelaksanaan vaksinasi sendiri dimulai pada pukul 09.30 WIB. Vaksinasi diikuti oleh 3.000 abdi dalem secara bertahap. Banyak dari mereka merupakan abdi dalem dari luar Kota Solo.

Salah satu abdi dalem Narto Wiyono (70) mengaku bersyukur bisa mengikuti kegiatan vaksinasin. Narto sendiri merupakan warga luar kota Solo, yang bersal dari Kecamatan Joho, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kendati sudah termasuk dalam katagori lansia, namun ia mengaku belum divaksin. Terlebih di daerah tempat tinggalnya pelaksanaan vaksinasi belum menyeluruh.

"Ya senang bisa segera divaksin, ini baru pertama di daerah saya belum ada," ujarnya.

2. Diperuntukan juga bagi KTP non Surakarta

Vaksinasi di Keraton Solo, KTP non Surakarta Bisa DaftarGibran Rakabuming tinjau vaksinasi di Keraton Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Koordinator Pelaksanaan Vaksinasi, R.Ay Febri Dipokusumo memgatakan kegiatan sentra vaksinasi ini akan melayani 15 ribu peserta selama 15 hari dengan target 1000 peserta vaksin perhari. Vaksinasi digelar mulai tanggal 20 September hingga 6 Oktober 2021 di Kagungan Dalem Sasono Sumewa Pagelaran.

Febri menuturkan tidak hanya untuk abdi dalem, para tukang becak, penjual souvenir, guide freelance di sekitar keraton KTP Solo dan non Solo yang belum divaksin juga di daftar dalam program ini. Selain sasaran tersebut, Febri mengatakan untuk anak-anak sekolah usia 12 tahun ke atas mendapat porsi terbesar sebanyak 8 ribu pelajar. 

“Upacara-upacara di keraton terus berlangsung sehingga dengan vaksinasi ini kami sangat bersyukur bahwa Pemkot Solo memberikan kesempatan pada abdi dalem dan kerabat yang selama ini belum tervaksin. Ada yang bukan KTP Solo tapi diberi kesempatan yang sama,” jelasnya.

3. Berharap ekonomi segera pulih

Vaksinasi di Keraton Solo, KTP non Surakarta Bisa DaftarWalikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming mengatakan dengan serbuan vaksinasi di Kota Solo dan sekitarnya semakin cepat pula kekebalan komunitas terbentuk. Saat ini capaian vaksinasi di Kota Solo mencapai 107 persen.

“Harapan kita semua tempat wisata di Solo bisa pulih kembali dengan protokol kesehatan ketat. Meski capaian vaksin di Solo sudah tinggi tapi PR kita masih banyak. Salah satu nya adalah tiap hari percepatan vaksinasi,” terang Wali Kota Gibran. 

Baca Juga: Kanjeng Pangeran Gibran, Gelar Bangsawan Dari PB XIII Keraton Solo

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya