Comscore Tracker

Wapres Maruf Amin Gantikan Mensesneg Jadi Saksi Nikah Adik Jokowi

Gelar pengajian jelang pernikahan

Surakarta, IDN Times - Menjelang pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, Kamis (26/5/2022), ada pergantian saksi nikah pada saat prosesi akad nikah yang digelar pada pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Dekorasi Pernikahan Idayati dan Anwar Usman Jawa Klasik, Joglo Lengkap

1. Mensesneg diganti Wapres

Wapres Maruf Amin Gantikan Mensesneg Jadi Saksi Nikah Adik JokowiWapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Pergantian saksi tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Arbain Basyar. Arba'in mengatakan jika pergantian saksi nikah tersebut dilakukan dari pihak mempelai wanita yakni Idayati. Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa ditunjuk sebagai saksi nikah. Tetapi Mensesneg Pratikno diganti Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

"Ada perubahan saksi nikah, kemarin saya katakan untuk saksi putri adalah Mensesneg Pratikno, sekarang diganti Wakil Presiden Ma'ruf Amin," jelas ungkapnya Rabu (25/5/2022).

Sedangkan untuk saksi pria, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa masih tetap.

2. Pergantian digelar H-2 sebelum akad nikah.

Wapres Maruf Amin Gantikan Mensesneg Jadi Saksi Nikah Adik JokowiPanggung pelaminan pernikahan Idayati dan ketua MK Anwar Usman. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Arbain mengatakan jika perubahan saksi nikah tersebut dilakukan Selasa (24/5/2022) sore.

"Perubahan saksi baru dilakukan Selasa sore kemarin," jelasnya.

Sedangkan untuk proses jonggolan atau pencocokan data rencananya dilakukan Rabu siang. Sementara itu,  siang ini persiapan menjelang pernikahan terus dilakukan.

3. Gelar acara pengajian.

Wapres Maruf Amin Gantikan Mensesneg Jadi Saksi Nikah Adik JokowiSuasana kediaman rumah Ibunda Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelum hari H, pihak calon pengantin wanita juga melakukan pengajian yang digelar di rumah almarhum Sudjiatmi, ibunda Presiden Jokowi.

Pengajian sendiri digelar secara tertutup, dan dihadiri oleh sejumlah ibu-ibu dari kerabat dan kelompok pengajian. Mereka mengenakan dresscode berwarna putih.

Dalam pengajian tersebut, juga dihadiri oleh Ketua MK Anwar Usman yang mengenakan pakaian berwarna putih dan berpeci hitam. Sedangkan Idayati juga senada mengenakan pakaian putih dengan motif bunga mawar.

Baca Juga: Berkonsep Adat Jawa, Jokowi Jadi Wali Pernikahan Idayati-Anwar Usman

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya