Sistem Pertahanan Bidang Kesehatan Terancam Jebol Karena Virus Corona

Jika Pemerintah Lamban Tangani Covid-19

Tegal, IDN Times - Belum terbentuknya satgas nasional lintas kementerian sebagai sarana koordinasi lintas sektor secara nasional dan belum adanya koordinasi maksimal di tubuh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dinilai menjadi indikasi akan jebolnya sistem pertahanan negara di bidang kesehatan.

Baca Juga: 10.000 Masjid di Indonesia Akan Disemprot Disinfektan, Cegah COVID-19!

1. Pemerintah harus realisasikan slogan rakyat sehat, negara kuat

Sistem Pertahanan Bidang Kesehatan Terancam Jebol Karena Virus CoronaIDN Times/ Muchammad Haikal

“Rakyat sehat, negara kuat jangan hanya jadi slogan saja. Tetapi harus segera direalisasikan dalam sistem penanganan berbagai penyakit secara komprehensif,” tegas Anggota DPR RI Komisi 9, Dr Dewi Aryani, disela kegiatan sosialisasi Germas di Kabupaten Tegal, Jumat (13/3) siang.

Anggota parlemen dari Fraksi PDI Perjuangan ini menyebut, virus corona saat ini tengah menjadi isu yang sangat tinggi menyita mata dunia. Bahkan, seluruh dunia sedang menuju krisis global akibat dampak wabah Covid-19.

2. Masyarakat diminta antisipasi dengan Germas

Sistem Pertahanan Bidang Kesehatan Terancam Jebol Karena Virus CoronaIDN Times/ Muchammad Haikal

Termasuk di Indonesia, yang semakin banyak bermunculan korban suspect yang beberapa diantaranya dikabarkan meninggal dunia. Tak terkecuali di Kabupaten Tegal, yang beberapa hari lalu banyak masyarakat dengan kondisi ciri-ciri tertentu yang meminta diperiksa untuk memastikan kesehatannya.

“Masyarakat tidak perlu panik dan ketakutan, setidaknya harus tetap kita waspadai serta melakukan antisipasi melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” imbuh Dear, sapaan akrab Dewi Aryani.

3. Rajin mencuci tangan dan kenakan masker

Sistem Pertahanan Bidang Kesehatan Terancam Jebol Karena Virus CoronaIDN Times/ Muchammad Haikal

Menurut Dear, dengan Germas tersebut, masyarakat dapat terhindari berbagai macam penyakit, termasuk kemungkinan terpapar virus Corona yang diduga sangat mematikan dalam waktu cepat. Selain itu, masyarakat diharapkan tetap menerapkan hidup sehat dan bersih.

Cara mencegah yang paling mudah, sambung Dear, yakni dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker saat berada di tempat keramaian. Selain itu, menjaga kebersihan diri, kebersihan rumah dan lingkungan masing-masing juga perlu dilakukan.

4. Konsumsi sayur dan buah-buahan lokal

Sistem Pertahanan Bidang Kesehatan Terancam Jebol Karena Virus CoronaIDN Times/ Muchammad Haikal

“Jaga stamina dengan makanan bergizi seimbang. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan lokal. Satu lagi yang paling ampuh, yakni tetap ikhtiar serta berdoa meminta perlindunganNya,” ujar Dear.

Anggota DPR asal Dapil 9 (Tegal, Brebes, Slawi) ini menambahkan, jika terdapat keluarga maupun tetangga yang memiliki riwayat bepergian dari berbagai negara, diharap segera melapor untuk di lakukan pemeriksaan. Baik pemeriksaan di puskesmas terdekat hingga rumah sakit setempat.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya