Bupati Turun Tangan Bubarkan Warga yang Nongkrong di Wilayah Kudus  

Ingatkan social dan physical distancing

Kudus, IDN Times – Pelaksana tugas (Plt) Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Kudus, Jawa Tengah melaksanakan penyisiran sejumlah wilayah keramaian di kota Kretek pada Sabtu (11/4) malam.

Langkah ini dilakukan guna memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menerapakan social dan physical distancing guna mencegah penyebaran  virus corona atau COVID-19.

Rombongan menyasar tempat-tempat yang ditengarai menjadi pusat kerumunan warga. Di antaranya coffe shop, rumah makan dan pedagang kaki lima. Tak main-main warga yang berkerumunan langsung dibubarkan.

Baca Juga: Peta Kerawanan dan Wilayah Sebaran COVID-19 di Kudus, Pati, Rembang

1.Warga diingatkan agar gunakan masker

Bupati Turun Tangan Bubarkan Warga yang Nongkrong di Wilayah Kudus  Dok. Kominfo Kudus

Plt Bupati Hartopo mengatakan, warga diimbau untuk selalu menggunakan masker. Tidak hanya itu, warga yang hendak membeli makanan di warung agar dibungkus dan dimakan di rumah. Jangan sampai warga justru membuat kerumunan.

"Seperti yang telah kita ketahui bersama, ditengah pandemi covid-19 ini hendaklah kita saling menjaga, saling mengingatkan untuk memberlakukan sosial dan physical distancing, karena bahaya virus corona ini tidak main-main penyebaranya sangat cepat dan masif,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times pada Minggu (12/4).

Hartopo menegaskan pemakaian masker sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan orang lain saat terjadi interaksi. Karena itu tidak mengetahui ketika terkena percikan atau droplet dari mulut orang lain. Dia pun membagikan sejumlah masker kepada para pengguna jalan yang kedapatan tidak memakai masker. 

2. Bupati temukan kerumunan anak muda yang nongkrong

Bupati Turun Tangan Bubarkan Warga yang Nongkrong di Wilayah Kudus  Dok. Kominfo Kudus

Rombongan Forkopimda bergeser ke deretan ruko pusat kuliner di GOR kudus. Di tempat tersebut didapati banyak kerumunan anak muda yang dengan santainya nongkrong bahkan saat mengetahui kedatangan para petugas.

Disinilah HM Hartopo kembali memberikan edukasi tentang pentingnya sosial dan physical distancing serta pemakaian masker saat keluar dari rumah.

“Dimohon buat mas-mas dan mbak-mbak semua untuk tidak berkerumun sementara waktu dulu. Hindari keramaian. Jangan lupa pakai masker,” imbaunya. 

3. Warga yang cari makan di warung agar dibungkus dibawa pulang

Bupati Turun Tangan Bubarkan Warga yang Nongkrong di Wilayah Kudus  Sumber Gambar: bakung16.wordpress.com

Rombongan pun kembali menemukan keramaian di Lapangan Rendeng Kecamatan Kota Kudus. Banyak anak muda yang nongkrong bersama-sama. Oleh karena itu, dia pun kembali meminta kepada warga untuk segera membubarkan kerumunan.

“Makanannnya dibungkus saja dibawa pulang. Sudah tahu, kan, bahaya virus Corona. Virus ini bisa mudah menyebar kalau kita tidak terapkan jaga jarak fisik. Maka, ayo kita semua sama-sama lawan virus ini dan sementara jangan berkerumun dulu,” tandasnya.

Baca Juga: Cerita Perawat di Kudus yang Sembuh Dari Corona, Kuncinya Suka Hati

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya