Hoaks! Video Bendung Wilalung di Kudus Jebol

Kondisi Bendung masih aman

Kudus, IDN Times - Adanya video Bendung Wilalung jebol dan merusak permukiman warga di wilayah Demak adalah tidak benar. Video yang beredar itu dipastikan adalah hoaks. Masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya dengan kabar di media sosial. 

Baca Juga: Debit Air di Bendung Pengendali Banjir Wilalung di Kudus Kembali Turun

1. Beredar video bertuliskan Wilalung jebol

Hoaks! Video Bendung Wilalung di Kudus JebolScreenshoot video

Pada video yang beredar, tampak ada tulisan "Wilalung Lur Demak, minta doa". Video yang berdurasi 29 detik itu menggambarkan sebuah permukiman yang terdampak banjir bandang.

Tampak warga juga pasrah dengan banjir bandang yang meluluh lantakan permukiman warga. Bukan itu saja, di video itu rumah warga juga rusak karena banjir bah tersebut.

2. Video Wilalung jebol dipastikan hoaks

Hoaks! Video Bendung Wilalung di Kudus JebolIDN Times/Dok. Istimewa

Saat di konfirmasi, Penjaga pintu pengendali banjir Wilalung yang terletak di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kudus, Noor Ali mengungkapkan bahwa video yang beredar adalah tidak benar. Karena kondisi bendung wilalung saat ini masih terbilang aman.

"Itu tidak benar. Karena kondisi debit air di Wilalung dalam kondisi aman," ujar dia.

Menurutnya untuk debit Bendung Wilalung saat ini mencapai angka 350m3/dtk. Angka itu sempat mengalami kenaikan debit air sebelumnya mencapai 275m3/detik.

"Angka 350 itu masih aman. Karena dibawah 400 m3/detik. Artinya dalam kondisi aman. Tidak banjir," kata dia.

3. Masyarakat diimbau jangan mudah percaya kabar di media sosial

Hoaks! Video Bendung Wilalung di Kudus JebolIDN Times/Dok. Istimewa

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan kabar di media sosial. "Dihimbau agar supaya masyarakat jangan mudah percaya dari medsos,karena petugas banjirlah yang lebih paham kondisi real di lapangan yang terjadi di lokasi kerjanya," imbaunya.

Seperti diketahui, fungsi bendungan sendiri, pertama Bendungan Wilalung berfungsi untuk pengendali banjir. Bendungan Wilalung mengaliri beberapa sungai.
Sungai pertama Sungai Wulan meliputi daerah Demak sampai pesisir pantai. Sedangkan Sungai Juana wilayah Kudus dan Pati termasuk di Juwana.

Bendungan Wilalung juga dikenal sebagai Bendungan Lawang 9 atau Bendungan Pintu 9. Bendungan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah.Bendungan Wilalung atau Bendungan Pintu 9 adalah bangunan peningalan Kolonial Belanda.

Baca Juga: Alun-alun Kudus Bakal Dirapikan Dari PKL, Pedagang Akan Dipindah 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya