Kontak Imam Suroso DPR RI PDP COVID-19 yang Meninggal Langsung Dilacak

Termasuk para pedagang dan wartawan

Pati, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah akan langsung melakukan pelacakan atau tracking kepada warga yang sebelumnya kontak langsung dengan almarhum Anggota DPR RI Imam Suroso. Sebelumnya mbah Roso begitu sapaan akrabnya meninggal dunia menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) saat dirawat di RSUP Kariadi Semarang.

Baca Juga: PDP Virus Corona, Mbah Roso Meninggal Usai 6 Hari Dirawat di Semarang

1. Semua warga yang kontak dengan Mbah Roso diminta isolasi

Kontak Imam Suroso DPR RI PDP COVID-19 yang Meninggal Langsung DilacakDok. Instagram Anggota DPR RI Imam Suroso

Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Pati Suharyono mengatakan, Sabtu (28/3) ini juga pihaknya akan langsung melakukan tracing kepada warga yang sebelumnya kontak langsung dengan Mbah Roso. Terutama para pedagang di Pasar Puri Pati yang sebelumnya mendapatkan masker dan hand sanitazer dari Anggota DPR RI asal Pati ini.

“Ya ini semua yang kontak dengan mbah roso akan ditracing semuanya. Syukur ada kesadaran diri untuk mengisolasi diri,” ujar Suharyono yang juga Sekda Kabupaten Pati saat dikonfirmasi IDN Times via sambungan telepon pada Sabtu (28/3).

2. Warga juga diminta segera periksa jika mengalami keluhan sakit

Kontak Imam Suroso DPR RI PDP COVID-19 yang Meninggal Langsung DilacakDua warga yang digiring untuk masuk dalam karantina selama 14 hari kedepan (IDN Times/ istimewa)

Dia menuturkan, jika warga yang sebelumnya kontak langsung mengalami keluhan diminta untuk segera langsung periksa di puskesmas atau di rumah sakit. Dia berharap tidak semua warga yang kontak langsung tertular, sebab penularannya tergantung dengan kekebalan tubuh.

“Tidak semua yang kontak belum tentu karena ini kan tergantung kekebalan tubuh,” kata dia.

Suharyono mengatakan, untuk para tim medis ataupun dokter yang sebelumnya mendampingi Mbah Roso sudah melakukan isolasi diri. Para tim media yang sebelumnya kontak sudah melakukan isolasi sejak tanggal 22 Maret 2020 kemarin.

3. Kediaman Mbah Roso juga disemprot dengan disinfektan

Kontak Imam Suroso DPR RI PDP COVID-19 yang Meninggal Langsung DilacakPenyemprotan disinfektan di Siantar (Dok. Humas Siantar)

“Hari ini segera akan bertindak, seperti di Dukuhseti kemudian Pasar puri, termasuk dokter di RS Mintra Bangsa. Termasuk wartawan kemarin waktu peliputan kegiatan Mbah Roso juga banyak yang ikut. Ini harus melakukan isolasi diri,” pinta dia.

Sementara itu untuk penyemprotan disinfektan di kediaman Mbah Roso sudah dilakukan. Hari ini, Sabtu (28/3) akan menyasar di wilayah yang sebelumnya Mbah Roso mengadakan kegiatan bersama-sama dengan masyarakat.

Sebelumnya, Anggota DPR RI Imam Suroro meninggal dunia pada Jumat (27/3) malam. Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan itu meninggal dunia sebelumnya dirawat menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19. 

Baca Juga: Ini Kronologi Lengkap Meninggalnya Anggota DPR RI Mbah Roso

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya